Grafir spion mobil(dok Grafir spion mobil)
Grafir spion mobil(dok Grafir spion mobil) ( KOMPAS.COM)

Apakah Benar Grafir Nopol di Kaca Spion Mobil Efektif Cegah Pencurian?

11 Juli 2023 21:44 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pencurian spion mobil kembali marak. Tidak sedikit aksinya terekam CCTV bahkan sejumlah pelaku juga sudah tertangkap oleh pihak keamanan.

Sayangnya, hal itu tidak membuat tindak kriminal tersebut surut. Seakan-akan pencurian spion mobil menjanjikan dan bisa dengan mudah meraup keuntungan secara instan.

Sejumlah pihak juga memberikan saran untuk menggrafir kaca spion agar pencuri kesulitan menjual hasil curiannya. Tapi, apakah cara tersebut efektif?

Technical Leader Nasmoco Demak Eko Sulistyo mengatakan penggantian satu kaca spion mobil memang mahal.

“Satu gelondong kaca spion untuk Toyota Alphard sekitar Rp 7 jutaan belum termasuk cat, jika kaca spionnya saja sekitar Rp 1,5 jutaan,” ucap Eko kepada Kompas.com, Selasa (11/7/2023).

Eko mengatakan bagian spion mobil tidak cuma soal kaca spion, tapi di dalamnya ada motor elektrik mirror yang dapat mengatur posisi kaca dari dalam kabin tanpa menyentuhnya.

Melihat rincian harganya, tentu dengan kaca spion tergrafir nomor polisi saja pelaku pencurian spion mobil tetap bisa mendapatkan keuntungan dengan menjual utuh. Apalagi, sudah ada penadahnya.

Dengan kata lain, menggrafir kaca spion tidak akan menyelesaikan masalah karena bagian termahalnya adalah motor elektrik mirrornya.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, kaca spion mobil dengan spesifikasi yang sama bisa dibuat oleh tenaga ahli dengan harga yang relatif lebih terjangkau daripada beli di bengkel resmi.

Pemilik Bengkel Poles Headlamp Supriyadi, mengatakan pihaknya bisa membuatkan kaca spion mobil dengan spesifikasi mendekati sempurna dengan budget lebih terjangkau.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm