Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menghadiri acara tasyakuran pernikahan
Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menghadiri acara tasyakuran pernikahan ( KOMPAS.com)

Kantor Pusat Pertamina Akan Pindah ke Balikpapan

12 Juli 2023 10:36 WIB

SonoraBangka.ID - Pertamina berencana memindahkan kantor pusatnya yang ada di kawasan Gambir, Jakarta Pusat ke Balikpapan, Kalimantan Timur.

Menurut Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama, pemindahan seluruh kantor Pertamina ke Balikpapan adalah untuk berdekatan dengan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Selain itu, tujuan pemindahan kantor pusat Pertamina ini juga untuk pemerataan pembangunan.

“Presiden kan inginnya ada pemerataan pembangunan," beber Ahok, sapaan akrabnya, dikutip dari Antara, Selasa (11/7/2023).

"Jadi kira-kira nanti Jakarta itu hanya kantor perwakilan. Nah yang mungkin yang harus pindah pertama itu PT Kilang Pertamina dan PT Pertamina Hulu Energi,” kata dia lagi.

Sebelumnya pada Senin kemarin sore, Ahok mengaku sudah bertemu dengan Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud di Balai Kota Balikpapan.

Saat ini di Balikpapan Pertamina sudah memiliki sejumlah kantor. Dari industri hulu migas antara lain ada PT Pertamina Hulu Mahakam, PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur.

Dari industri hilir migas ada PT Kilang Pertamina Balikpapan, Pertamina Gas (Pertagas), Pertamina Patra Niaga, hingga Pertamina Shipping.

Di Balikpapan Pertamina juga memiliki kawasan perumahan dan apartemen, lengkap dengan berbagai sarana olahraga seperti lapangan tenis, lapangan basket, kolam renang, hingga lapangan golf.

Lalu, stadion Parikesit, stadion yang legendaris di benak setiap pencinta sepakbola Kota Minyak karena menjadi markas klub Persiba, adalah stadion milik Pertamina.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm