Ilustrasi anak.
Ilustrasi anak. ( Shutterstock/Yuganov Konstantin)

Ibu Harus Tahu, Hindari Makanan Ini Jika Tak Ingin Anak Stunting

12 Juli 2023 15:18 WIB

SonoraBangka.id - Diketahui, bahwa kasus stunting merupakan masalah serius yang banyak dialami oleh anak-anak Indonesia.

Stunting terjadi ketika pertumbuhan fisik dan perkembangan otak anak terhambat akibat kekurangan gizi kronis, terutama pada periode 1.000 hari pertama kehidupan mereka.

Selain asupan nutrisi yang tidak mencukupi, ada juga beberapa jenis makanan yang dapat menjadi pemicu stunting jika dikonsumsi secara berlebihan atau tidak seimbang.

Berikut ini merupakan 3 jenis makanan yang dapat menjadi pemicu stunting dan perlu dihindari untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan yang optimal pada anak-anak.

1. Makanan Tinggi Garam

Konsumsi garam yang berlebihan dapat berkontribusi terhadap stunting.

Makanan tinggi garam, seperti makanan olahan, camilan asin, dan makanan cepat saji, dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan mengganggu fungsi ginjal.

Hal ini dapat menghambat pertumbuhan tubuh dan perkembangan otak anak-anak.

Penting untuk mengurangi konsumsi garam berlebih dan memilih makanan yang lebih sehat dengan kadar garam yang lebih rendah.

2. Makanan Tinggi Gula

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm