Team Leader Operational PLTG Suge Belitung, Haryanto
Team Leader Operational PLTG Suge Belitung, Haryanto ( Sonorabangka.id/ Yudi)

Gelar Media Gathering, PLN UIW Babel Kenalkan Pembangkit Listrik di Belitung

12 Juli 2023 17:28 WIB

SONORABANGKA.ID - PLN UIW Kep. Bangka Belitung (Babel) menggelar Media Gathering bersama sejumlah awak media yang menjadi mitra PLN Babel, pada Rabu (12/07/2023) di Belitung.

Dalam kegiatan ini, PLN Babel juga mengajak para wartawan berkunjung ke PLTG MPP Suge, di Kabupaten Belitung.

Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN UIW Babel, Mustafrizal mengungkapkan betapa pentingnya sinergi PLN dengan media.

Sebab, media memiliki peran penting dalam mempublikasikan dan mensosialisikan berbagai informasi terkait proses bisnis yang dijalankan PLN.

“Saya mengapresiasi peran media yang sudah mendukung kelancaran proses bisnis dan program-program PLN, khususnya dalam hal publikasi berbagai informasi yang benar terkait layanan kelistrikan kepada masyarakat, sehingga peran media sebagai sarana mencerdaskan masyarakat pun dapat tercapai,” terangnya.

Ia pun berharap, kegiatan-kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan secara rutin dan berkala sehingga hubungan silahturahmi dan sinergitas PLN dan media dapat terus terjalin dan meningkat dari waktu ke waktu.

Sementara itu, Haryanto selaku Team Leader Operational PLTG Belitung menjelaskan, PLTG MPP Suge merupakan pembangkit dengan daya terpasang terbesar di Pulau Belitung yang berkontribusi 32 persen dari daya mampu di sistem belitung.

“Daya mampu ini memiliki kelebihan ramp rate engine 5 detik, dan ini sangat membantu dalam merespon kebutuhan sistim Belitung dengan cepat,” tuturnya.

Menurutnya, PLTG MPP Suge dengan kapasitas daya sebesar 58 MW yaitu PLTG MPP Suge dengan daya sebesar 25 MW dan PLTU Suge sebesar 2×16,5 MW.

“Sedangkan sisa 21 MW dihasilkan dari pembangkit kecil lainnya yang tersebar di Belitung,” tuturnya.

Lebih lanjut Haryanto mengungkapkan daya mampu listrik di Pulau Belitung saat ini mencapai 79 MW dari total beban puncak sebesar 52 hingga 54 MW, yang mana dihasil dari dua unit pembangkit yang ada di Desa Suge Belitung dan beberapa pembangkit kecil lainnya yang tersebar di Pulau Belitung.

“Saat ini PLTG MPP Suge beroperasi menggunakan Bahan Bakar HSD dengan SFC 0.34 liter/Kwh Tahun 2023 dengan Estimasi BPP 3.587 Rupiah/kWh,” pungkasnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm