Pemeriksaan kondisi mesin dan perkabelan mobil Toyota Kijang Kapsul(Kompas.com/Daafa)
Pemeriksaan kondisi mesin dan perkabelan mobil Toyota Kijang Kapsul(Kompas.com/Daafa) ( KOMPAS.COM)

Dampak Membiarkan Mesin Mobil Ngelitik karena Konsumsi BBM

16 Juli 2023 20:55 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Ngelitik atau knocking adalah gejala yang timbul akibat pembakaran tidak sempurna di dalam dapur pacu.

Wujudnya berupa bunyi ketukan dari area dapur pacu. Ngelitik bisa timbul saat mobil sedang akselerasi, melaju konstant, menanjak atau beban berat sekalipun. Dengan kata lain, ngelitik akan muncul kapan saja selama mesin bekerja.

Kondisi tersebut kerap diabaikan oleh pengendara lantaran dianggap bukan masalah yang berarti.

Buktinya, mobil tetap bisa melaju, bertenaga dan seterusnya. Lantas, apa dampak membiarkan mesin mobil ngelitik?

Pemilik Aha Motor Hardi Wibowo mengatakan dampak ngelitik bisa menyebabkan komponen aus, khususnya piston.

“Ngelitik kan jenis bunyi ketukan yang bersumber dari getaran, khususnya piston sehingga risikonya bila dianalogikan bisa menyebabkan piston aus, celah-celah komponen yang berhubungan dengan menjadi aus dan seterusnya,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Minggu (16/7/2023).

Tapi, Hardi mengatakan selama ini belum pernah menjumpai kerusakan yang berarti akibat mesin ngelitik.

Justru dampak lainnya tidak berhubungan dengan kerusakan komponen, melainkan pada performa mobil seperti tenaga, akselerasi dan seterusnya.

“Karena ngelitik adalah wujud dari pembakaran tidak sempurna, maka pengaruh yang paling terasa adalah menurunnya tenaga yang dihasilkan, nanti ada hubunganya dengan konsumsi BBM juga,” ucap Hardi.

Jadi, dampak dari membiarkan mesin ngelitik adalah menurunnya performa, bisa sampai membuat rusak komponen juga kalau dibiarkan berlarut-larut terlalu lama.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dampak Membiarkan Mesin Mobil Ngelitik karena BBM", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/07/16/172100915/dampak-membiarkan-mesin-mobil-ngelitik-karena-bbm.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm