Explore Babel 2023: Mendorong UMKM dan Pariwisata Babel Sebagai Sumber Pertumbuhan Ekonomi Baru yang Berdaya Saing
Explore Babel 2023: Mendorong UMKM dan Pariwisata Babel Sebagai Sumber Pertumbuhan Ekonomi Baru yang Berdaya Saing ( BI Babel)

Explore Babel 2023: Mendorong UMKM dan Pariwisata Babel Sebagai Sumber Pertumbuhan Ekonomi Baru yang Berdaya Saing

17 Juli 2023 11:48 WIB

SONORABANGKA.ID - Bank Indonesia Kepulauan Bangka Belitung menyelenggarakan kegiatan Explore Babel 2023, dalam rangka mendukung promosi Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI), Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia (GBWI), Road to Karya Kreatif Indonesia, serta upaya pencapaian target nasional 45 juta pengguna dan transaksi melalui kanal QRIS 1 miliar, Explore Babel 2023 di gelar dengan tema “Mendorong UMKM dan Pariwisata Bangka Belitung sebagai Sumber Pertumbuhan Ekonomi Baru yang Berdaya Saing melalui Konsistensi, Inovasi dan Sinergi”.

Explore Babel 2023 diselenggarakan selama 3 hari yaitu pada 13 – 15 Juli 2023 berlokasi di alun-alun Taman Merdeka, kota Pangkalpinang. Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan sejumlah acara seperti kegiatan penyerahan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari BRI, Bank Mandiri, BNI, dan Bank Sumsel Babel kepada pelaku UMKM, penyerahan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI), fashion show, talkshow mengenai kuliner dan pariwisata Babel, showcasing UMKM, perlombaan, demo masak serta experience scan QRIS 1 rupiah yang melibatkan masyarakat Bangka Belitung. 

Kegiatan dibuka oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia Aida S. Budiman yang menyampaikan apresiasi atas inisiatif dan tema yang diusung dalam Explore Babel 2023. Deputi Gubernur Aida menambahkan, kegiatan ini merupakan perwujudan dari dukungan aktif daerah terhadap berbagai inisiatif di tingkat nasional terkait pengembangan UMKM dan sektor pariwisata utamanya melalui GBBI, GBWI, dan KKI. Deputi Gubernur Aida juga berharap event Flagship ini dapat terus menjadi wadah bagi Bangka Belitung untuk dapat terus membangun semangat sinergi dan kolaborasi dalam meningkatkan daya saing sektor-sektor potensial yang dimiliki Bangka Belitung, khususnya sektor UMKM dan pariwisata.

Turut hadir pula secara virtual Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahudin Uno dan Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki yang mengapresiasi penuh sinergi Bank Indonesia dan Pemerintah Daerah dalam mengembangkan pariwisata, ekonomi kreatif serta berperan aktif meningkatkan kapasitas UMKM di Bangka Belitung. Selanjutnya, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang diwakili Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemprov Bangka Belitung Yanuar menyampaikan keyakinan yang tinggi akan dampak positif penyelenggaraan Explore Babel 2023 yang dapat mendongkrak potensi UMKM dan pariwisata lokal, sehingga berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi dan pendapatan daerah.

Pada kegiatan Explore Babel 2023, terdapat 62 UMKM yang berasal dari 7 Kabupaten/Kota di Bangka Belitung yang berpartisipasi memamerkan produk pakaian (fashion), makanan (food ) dan kriya (craft). Hadir juga dalam pameran tersebut UMKM dengan produk hilirisasi pangan dan hortikultura dari klaster, kelompok wanita tani, dan PKK binaan Bank Indonesia Kepulauan Bangka Belitung, sejalan upaya untuk mendorong stabilitas harga dan ketahanan pangan melalui Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP). Sebagai wujud akselerasi transaksi digital UMKM, seluruh booth UMKM menyediakan transaksi non-tunai menggunakan kanal pembayaran QRIS.

Kegiatan Explore Babel 2023 juga menghadirkan narasumber tingkat nasional dalam talkhsow bertajuk “Explore Pariwisata dan Kuliner Bangka Belitung”. Salah satu kunci keberhasilan dalam program promosi pariwisata dan kuliner daerah adalah promosi digital melalui media sosial yang melibatkan para travel content creator, food vlogger, influencer, dan pegiat media sosial lainnya. Di hari kedua acara, dilaksanakan perlombaan mewarnai tingkat TK dan SD, lomba cerdas cermat SMP dan SMA, serta lomba memasak kuliner khas Bangka Belitung yang melibatkan ibu rumah tangga dan PKK se-Bangka Belitung. Terakhir, kegiatan ditutup dengan agenda jalan sehat dengan experience scan QRIS 1 rupiah.

Bank Indonesia berharap kegiatan Explore Babel dapat mendorong semangat bangga produk dan pariwisata lokal serta sebagai langkah nyata sinergi dan inovasi dalam rangka pemulihan ekonomi nasional, khususnya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Ke depan, Bank Indonesia akan terus berkomitmen untuk bersinergi dengan Pemerintah Daerah melalui program yang terpadu dan fokus dalam melakukan inovasi pengembangan sektor pariwisata dan pemberdayaan UMKM sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru yang berkelanjutan.

PenulisZulhaidir
EditorZulhaidir
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm