Kemacetan kendaraan di Jalan Raya Pangkalpinang-Sungailiat ruas Kampung Kenanga Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka Rabu (19/7/2023) dalam perayaan 1 Muharam 1445 Hijriah
Kemacetan kendaraan di Jalan Raya Pangkalpinang-Sungailiat ruas Kampung Kenanga Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka Rabu (19/7/2023) dalam perayaan 1 Muharam 1445 Hijriah ( Bangkapos.com/Deddy Marjaya )

Jalan Macet Total, Ribuan Warga Padati Kenanga Bangka di Momen 1 Muharam 1445 H

19 Juli 2023 21:22 WIB

SonoraBangka.id - Hari ini, Rabu tanggal 19 Juli 2023 merupakan peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1445 Hijriah.

Ribuan warga dari berbagai wilayah di Pulau Bangka memadati Kampung Kenanga, Kelurahan Kenanga, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka Rabu (19/7/2023).

Mereka datang untuk sekedar bersilahturhami karena hampir seluruh rumah melakukan open house untuk merayakan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1445 Hijriah ini.

Layaknya berlebaran Idul Fitri, bahkan kondisi ini menyebabkan jalan utama dan jalan-jalan kampung di Kenanga sempat macet total.

"Men kami la biasa liat kondisi ni karena seluruh rumah open house 1 Muharam. Liat saja parkir bisa dua lapis di Jalan Raya," kata Rahmat warga Kenanga.

Keramaian warga dari berbagai daerah mendatangi Kampung Kenanga Kelurahan Kenanga Kecamatan Sungaliat Kabupaten Bangka mulai terlihat sejak pukul 10.00 pagi, yakni usai perayaan puncak acara festival 1 Muharam di Masjid Al Mu'Minun Kenanga.

Ribuan warga yang mendatangi Kenanga diiringi dengan kendaraan pribadi berbagai jenis mulai dari roda dua, maupun roda empat.  Jangan heran jika tamu yang datang, ada yang tak mengenal tuan rumah.

"Sudah tiga rumah, kalau saya dak kenal sama yang punya rumah tapi karena diajak kawan ikut saja namanya juga open house,' kata Wisna asal Pangkalpinang sambil tertawa.

Pada prinsipnya warga Kenanga memang tak memandang siapa yang bertamu saat 1 Muharam ke rumah mereka. Semakin banyak yang bertamu dianggap berkah. Bahkan sebagian rumah warga Kenanga berdiri tenda-tenda yang disewa untuk menampung tamu.

"Memang sebagian besar yang ke rumah keluarga dari berbagai daerah, kerabat dan kenalan tapi siapapun yang datang bertamu kami terima karena menjadi berkah," kata Amin 

Berbagai hidangan ala Hari Raya Idul Fitri dihidangkan oleh warga Kenanga di rumah mereka. Mulai dari jajanan tradisional. Seperti enjan, bujan, pempek, bakso, mie Bangka dan lainnya. Selain itu ada makanan berat nasi dengan berbagai lauk ayam, daging, ikan sate ataupun lempah kuning dan lempah darat khas Bangka.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Ribuan Warga Padati Kenanga Bangka di Momen 1 Muharam 1445, Jalan Macet Total, https://bangka.tribunnews.com/2023/07/19/ribuan-warga-padati-kenanga-bangka-di-momen-1-muharam-1445-jalan-macet-total.

SumberBangka.tribunnews.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm