Waktu ideal untuk olahraga
Waktu ideal untuk olahraga ( KOMPAS.com)

Terlalu Banyak Olahraga Bisa Memperpendek Umur? Ini Idealnya

20 Juli 2023 10:49 WIB

SonoraBangka.ID - Memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Olahraga menurunkan risiko penyakit sehingga menambah harapan hidup seseorang.

Namun, penelitian yang dilakukan olah Palgrave Communications menemukan, terlalu banyak olahraga justru dapat memperpendek umur seseorang.

Dilansir dari Eat This Not That, penelitian tersebut dilakukan pada 699 seniman Jepang yang lahir setelah 1901.

Mereka dibagi menjadi 4 kelompok sesuai dengan profesi artistiknya.

Hasilnya, salah satu profesi seniman yang mengharuskan untuk bergerak lebih aktif justru mempunyai rata-rata umur yang lebih pendek.

Dari studi itu, peneliti percaya bahwa olahraga yang dilakukan terus-menerus dan berlebihan justru berdampak buruk bagi kesehatan.

Penelitian lainnya yang diterbitkan di Cell Metabolism menunjukkan, terlalu banyak berolahraga juga dapat menghambat fungsi mitokondria dan meningkatkan resistensi insulin.

Akibatnya, hal itu akan merusak tubuh.

Lantas, berapa waktu yang ideal untuk berolahraga?

Waktu ideal untuk olahraga

Dilansir dari CNN, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarakan agar orang dewasa berolahraga dengan intensitas sedang selama 150-300 menit per minggu.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm