Mobil listrik Toyota bZ4X(Kompas.com/Sendy)
Mobil listrik Toyota bZ4X(Kompas.com/Sendy) ( KOMPAS.COM)

Apakah Aman Mobil Listrik Untuk Melintas Genangan Air?

20 Juli 2023 21:34 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Melintas genangan air masih menjadi suatu kekhawatiran tersendiri bagi para pengguna ataupun calon pengguna kendaraan listrik. Sebab, secara teori air merupakan musuh terbesar baterai serta listrik.

Pada kendaraan konvensional pun, sering kali air membuat masah besar jika berlebihan masuk ke ruang mesin atau kabin. Untuk perbaikannya, siap-siap harus merogoh kocek cukup dalam.

"Salah satu musuh besar dari perangkat yang menggunakan listrik memang air, karena akan mengakibatkan korsleting," kata Toto Sukisno, Dosen Teknik Elektro Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) kepada Kompas.com belum lama ini.

Tapi, terkait dengan kendaraan listrik yang terkena percikan air, bahaya itu sudah diatasi dengan penggunaan sistem tertentu yang dikembangkan oleh perusahaan penyedia.

Sehingga, kendaraan listrik dipastikan aman apabila melintasi genangan air maupun banjir.

"Terkait dengan kendaraan listrik yang sekarang dikembangkan rata-rata sudah menggunakan standar IP (Ingress Protection), misal IP 55, IP 45, dan lain-lain," terang Toto.

Sebagai contoh, IP 55 memiliki makna tertentu yang menadakan sistem keamanan yang digunakan oleh kendaraan tersebut.

Angka 5 pertama artinya aman dari debu berbahaya sementara angka 5 kedua artinya aman dari semprotan air dengan tekanan rendah (12,5 l/min) selama 3 menit. "Itu hanya contoh saja, artinya kalau yang kita beli speknya IP 55 berarti tidak boleh lebih dari 3 menit," ungkap Toto.

"Tapi kalau speknya menggunakan IP 57 tentu berbeda. Disana disebutkan aman dari rendaman air dengan kedalaman 1 meter selama 30 menit," tambah dia.

Penjelasan yang sama dikatakan pakar listrik Institut Teknologi Bandung (ITB), Syarif Hidayat. Menurut dia, sebenarnya pabrikan otomotif terkait sudah melapisi bagian yang rentan terhadap air secara ketat meski posisi baterai ada di bawah.

"Dalam praktinya, baterai dan bagian listrik lain dari kendaraan listrik (secara standard) diisolasi atau disekat dari kemungkinan terkena air termasuk ketika kena banjir dalam batas tertentu," kata dia.

Sementara itu, Service Head Auto2000 Jayakarta Hendra Laksmono juga sempat menyebut jika khusus mobil listrik sudah memiliki kemampuan untuk menghadapi curah hujan cukup tinggi disertai genangan air.

“Banyak yang masih khawatir, itu hal yang wajar. Tapi perlu diketahui, baterai pada mobil listrik itu bersifat kering dan ada pelindungnya, tidak seperti pada ponsel,” katanya.

“Paling tidak, jangan sampai setengah ban. Sebab, saat melintasi wilayah tersebut kemungkinan air memasuki bagian-bagian berbahaya di balik kap mesin. Pada akhirnya, kendaraan bisa mengalami mogok,” ujar dia lagi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apakah Aman Mobil Listrik Melintas Genangan Air?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/07/20/102200215/apakah-aman-mobil-listrik-melintas-genangan-air-?page=all#page2.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm