Ilustrasi pernikahan.
Ilustrasi pernikahan. ( porstooleh/ Freepik)

MA Baru Terbitkan Surat Edaran, Hakim Dilarang Kabulkan Pernikahan Beda Agama

21 Juli 2023 10:25 WIB

SonoraBangka.id - Baru-baru ini, Mahkamah Agung (MA) mengeluarkan Surat Edaran MA atau yang dikenal dengan SEMA.

Surat Edaran tersebut tertuang dalam SEMA Nomor 2 Tahun 2023 tentang Petunjuk bagi Hakim dalam Mengadili Perkara Permohonan Pencatatan Perkawinan Antar-Umat Beragama yang Berbeda Agama dan Kepercayaan.

Melansir Kompas.com, SEMA ini dikeluarkan menindaklanjuti putusan hakim tunggal PN Jakarta Pusat Bintang AL yang telah mengabulkan permohonan pasangan suami istri beda agama.

Dengan adanya SEMA ini, MA menegaskan bahwa hakim dilarang untuk mengabulkan permohonan pencatatan pernikahan beda agama.

“Untuk memberikan kepastian dan kesatuan hukum dalam mengadili permohonan pencatatan perkawinan antarumat beragama yang berbeda agama dan kepercayaan, para hakim harus berpedoman pada ketentuan,” bunyi SEMA yang ditandatangani oleh Ketua MA Muhammad Syarifuddin, Senin (17/7/2023).

“Pengadilan tidak mengabulkan permohonan pencatatan perkawinan antarumat beragama yang berbeda agama dan kepercayaan,” tulis poin dua SEMA tersebut.

Dari SEMA tersebut diketahui bahwa pernikahan dikatakan sah jika dilakukan menurut hukum agama masing-masing kepercayaan.

Aturan tersebut sesuai dengan Pasal 2 Ayat 1 dan Pasal 8 huruf f Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan.

Pernikahan beda agama di Jakarta Pusat

Hal ini merujuk pada kasus perizinan yang dikeluarkan hakim tunggal PN Jakarta Pusat Bintang AL pada pasangan suami istri beda agama.

SumberParapuan.co
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm