ilustrasi Google.
ilustrasi Google. ( KOMPAS.com)

Google Bangun Perangkat AI untuk Jurnalis

21 Juli 2023 17:08 WIB

SonoraBangka.ID - Google sedang mengembangkan alat kecerdasan buatan (artificial intelligence) atau AI untuk perusahaan media massa.

Nantinya, AI disebut dapat memproduksi teks artikel dan tajuk utama. Teknologi ini diproyeksikan akan mengubah dunia jurnalisme.

Juru bicara Google menyebutkan, pihaknya ingin bekerja sama dengan perusahaan media terkait penggunaan AI di ruang redaksi tersebut.

"Tujuan kami adalah memberi jurnalis pilihan untuk menggunakan teknologi yang muncul ini dengan cara yang meningkatkan pekerjaan dan produktivitas mereka," kata dia dikutip dari CNN, Jumat (21/7/2023).

"Sama seperti kami menyediakan alat bantu untuk orang-orang di Gmail dan di Google Docs,” timpal dia.

Google memang belum menyebut akan menjalin kerja sama dengan perusahaan media mana. Yang jelas, perusahaan menargetkan teknologi ini untuk perusahaan dengan skala yang lebih kecil terlebih dahulu.

Google menekankan, proyek ini tidak akan menggantikan peran penting jurnalis dalam menulis, melaporkan, dan memeriksa fakta artikel.

Alat baru Google ini hadir di tengah perusahaan teknologi, termasuk Google, yang berlomba untuk mengembangkan dan menerapkan rangkaian baru fitur AI generatif.

Perangkat AI tersebut akan ditanamkan ke dalam aplikasi yang digunakan di tempat kerja.

Perusahaan teknologi berjanji akan menyederhanakan tugas dan membuat karyawan lebih produktif.

Namun begitu, alat yang melibatkan AI ini juga menimbulkan kekhawatiran. Pasalnya AI yang dilatih dengan informasi online juga memiliki potensi untuk memproduksi fakta yang keliru dan tanggapan yang berhalusinasi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Google Bangun Perangkat AI untuk Jurnalis", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/07/21/134000326/google-bangun-perangkat-ai-untuk-jurnalis.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm