Ilustrasi memori GDDR Samsung
Ilustrasi memori GDDR Samsung ( Samsung)

Samsung Umumkan Memori GDDR7 untuk GPU Masa Depan

22 Juli 2023 17:52 WIB

SonoraBangka.ID - Produk-produk GPU terkini biasanya dipasangkan dengan memori DRAM jenis GDDR6 yang sudah digunakan sejak 2018, atau GDDR6X yang lebih kencang tapi lebih panas. Tahun depan, diperkirakan GPU AMD dan Nvidia sudah akan beralih ke GDDR7.

Indikasinya antara lain bisa dilihat dari Samsung yang pada pekan ini mengumumkan rampungnya pengembangan memori GDDR7 besutannya. Dibandingkan GDDR6, GDDR7 menawarkan bandwidth lebih tinggi.

Modul GDDR7 16 GB Samsung, misalnya memiliki kecepatan 32 GT/s (gigatransfer per detik) dengan bandwidth maksimal 128 GB per detik. Ini lebih tinggi dibanding GDDR6X terkencang sekalipun dengan kecepatan 22,4 GT/s dan bandwith 89,6 GB per detik.

"DRAM GDDR7 kami akan meningkatkan pengalaman pengguna dalam hal yang membutuhkan kinerja grafis luar biasa, seperti workstation, PC, dan konsol game," ujar Executive VP Memory Product Planning Samsung Electronics, Yongcheol Bae, dalam sebuah pernyataan.

Selain lebih kencang, Samsung juga mengeklaim memori GDDR7 bikinannya lebih efisien daya, hingga 20 persen dibanding teknologi GDDR6, seebagaimana dihimpun dari The Verge, Sabtu (22/7/2023).

Dalam manufaktur chip memori GDDR7, Samsung turut menggunakan epoxy molding compound untuk meredam panas dan mencegah overheating. Samsung mengklaim material baru ini mengurangi package thermal resistance hingga 70 persen dibanding chip GDDR6.

Meskipun pengembangannya sudah rampung, masih ada tahapan yang mesti dilalui sebelum bisa diproduksi masal sehingga Samsung belum tentu menjadi vendor pertama yang melepas GDDR7 ke pasaran.

Selain Samsung, pabrikan memori lainnya, Micron, pada Juni lalu juga telah mengumumkan bahwa memori GDDR7 buatannya diperkirakan mulai hadir pada paruh pertama 2024.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Samsung Umumkan Memori GDDR7 untuk GPU Masa Depan", Klik untuk baca: https://tekno.kompas.com/read/2023/07/22/10400037/samsung-umumkan-memori-gddr7-untuk-gpu-masa-depan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm