Ilustrasi anak bermain
Ilustrasi anak bermain ( shutterstock)

Menteri PPPA Harap di Hari Anak Nasional 2023 Ini Anak Indonesia Bisa Jadi Agen Perubahan, Mau Tahu Caranya?

23 Juli 2023 09:55 WIB

SonoraBangka.id - Diketahui, Hari Anak Nasional tahun 2023 ini mengusung tema 'Anak Terlindungi, Indonesia Maju'.

Menurut Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga, selama tiga tahun belakangan ini tema besar Hari Anak Nasional masih sama.

"Tagline-nya yang berbeda-beda, demikian juga subtema kita sesuaikan dengan situasi yang berkembang di tahun tersebut," ucap Bintang dalam acara Instagram Live @majalah_bobo dan @nakitaid: #BeraniKarenaPeduli Anak-anak Harus Berani Menjadi Agen Perubahan, Jumat (21/07).

Di era globalisasi sekarang, anak sangat diharapkan bisa menjadi agen perubahan terbaik untuk Generasi Indonesia Emas 2045.

Agar anak dapat menjadi agen perubahan tersebut, tentunya peran orangtua dan pemerintah sangat diperlukan dalam hal ini.

Mengingat jumlah populasi anak adalah sepertiga dari semua populasi di Indonesia, Bintang menekankan bahwa perlindungan anak menjadi sangat penting untuk masa depan bangsa dan negara Indonesia.

"Hari Anak Nasional ini tentu akan menjadi pengingat bagi kita semua untuk memberikan pemenuhan hak juga perlindungan kepada anak-anak," tegasnya kembali.

"Inilah kenapa kita semua harus hadir untuk memenuhi kepentingan anak itu sendiri," ucapnya.

Peran Anak sebagai Agen Perubahan

Sebagai bentuk upaya mendorong anak-anak menjadi agen perubahan, Bintang menyampaikan bahwa Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) telah membentuk wadah berupa Forum Anak Nasional.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm