Nasi Tutug Oncom Puyuh.
Nasi Tutug Oncom Puyuh. ( KOMPAS/YUNIADHI AGUNG)

Tips Dari Chef, Berikut Cara Membuat Nasi Tutug Oncom Khas Jawa Barat

23 Juli 2023 15:38 WIB

SonoraBangka.id -  Berasal dari Jawa Barat, nasi tutug oncom termasuk sajian yang wajib dicoba saat berada di Tasikmalaya. Tutug mengacu pada pengolahan oncom yang ditumbuk. Rasa campuran nasi dan oncom ini gurih. Biasa disajikan dengan pelengkap berupa tahu, tempe, dan sambal. Bila tak sempat mencicipi nasi tutug oncom langsung di daerah asalnya, kamu bisa coba membuatnya di rumah. Ada cara membuat nasi tutug oncom yang dibagikan oleh Dadang Suryaman, Executive Chef The Papandayan Hotel Bandung, berikut ini.

1. Tumbuk dan bumbui oncom

Oncom tidak langsung dicampur dengan nasi. Bahan makanan ini harus ditumbuk dan dibumbui terlebih dulu. "Dibikin oncomnya dulu, pakai kencur dan segala macam. Jadi, oncomnya sudah ada seasoning segala macam sampai aroma kencurnya keluar," kata Dadang saat ditemui Kompas.com di The Papandayan Hotel Bandung, Jumat (7/7/2023).

2. Campur nasi dan oncom tumbuk 

Bila tutug oncom sudah dibuat sempurna, ini saatnya kamu mencampurnya dengan nasi hingga harum. Tumis bumbu halus, seperti bawang merah, bawang putih, cabai, dan kencur, hingga harum, baru masukkan oncom. Kemudian, masukkan nasi dan aduk-aduk hingga merata. Sajikan nasi tutug oncom dengan lauk pelengkap.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "2 Cara Membuat Nasi Tutug Oncom Khas Jawa Barat, Tips dari Chef", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/07/22/090900375/2-cara-membuat-nasi-tutug-oncom-khas-jawa-barat-tips-dari-chef.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm