Puluhan wali murid geruduk Kantor Dinas Pendidikan (Dindik) Bangka Belitung, Senin (24/7/2023).
Puluhan wali murid geruduk Kantor Dinas Pendidikan (Dindik) Bangka Belitung, Senin (24/7/2023). ( Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Sebut Dindik Tak Mengerti, Wakil Ketua DPRD Babel Dukung Aksi Damai Wali Murid

24 Juli 2023 15:35 WIB

SonoraBangka.id - Sejumlah wali murid mendatangi Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Bangka Belitung, pada Senin (24/7/2023) siang.

Kedatangan mereka, melakukan aksi damai menyampaikan terkait carut marutnya Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK tahun 2023.

Terkat aksi damai yang dilakukan sejumlah wali murid dari berbagai daerah ini, ditanggapi oleh Wakil Ketua DPRD Babel, Beliadi.

 

Ia merasakan kesedihan terkait persoalan PPDB di Babel, yang tidak kunjung selesai.

"Saya sangat sedih, dengan banyaknya carut marut PPDB, akibat tidak profesionalnya Dinas Pendidikan ini. Benar kecewa. Padahal saya juga suda rapat kerja dengan dindik dan Pj Gubernur Babel, agar ini segera diselesaikan. Kita sudah berikan opsi-opsi terbaik. Tetapi tidak mereka jalankan," kata Beliadi kepada Bangkapos.com, Senin (24/7/2023).

Dengan adanya aksi damai wali murid, dikatakan Beliadi, dapat dikatakan sebagai puncak kekecewaan masyarakat. Terkait pelaksanaan PPDB SMA/SMK di Bangka Belitung.

"Berharap bukan hanya di demo. Ada orangtua murid mempidanakan ini, dari kacabdin sampai kadis, dipidanakan saja. Dengan dalil menghambat orang mendapatkan kebutuhan dasar. Pendidikan, kesehatan, sandang pangan itu kebutuhan dasar. Hak asasi manusia," katanya.

"Saya berharap ada orang menggunakan pengacara melaporkan ke jalur hukum, terhadap aparatur di dindik dan sekolah ini.  pelanggaran HAM. Karena menghambat mendapatkan pendidikan, biar ada efek jera, kalau tidak. Tidak sudah-sudah persoalan ini," lanjutnya.

Beliadi menilai, ada unsur ketidak mengerti terkait kebijakan yang diambil oleh Dinas Pendidikan Babel, terutama berkaitan dengan jalur zonasi. Sehingga membuat sejumlah orangtua siswa kecewa. 

"Sepanjang saya tahu, jalur zonasi itu adalah jalur yang digunakan untuk zona sekolah. Sekolah dengan siswa tinggal jaraknya terdekat. Dia mau pintar atau tidak pintar, tidak ada urusan. 

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm