Memperlakukan kaca film tidak seperti eksterior. Cukup dilap dengan kain khusus untuk merawatnya.(theclippingpoint)
Memperlakukan kaca film tidak seperti eksterior. Cukup dilap dengan kain khusus untuk merawatnya.(theclippingpoint) ( KOMPAS.COM)

Jangan Lupa, Kaca Film Mobil Juga Ada Masa Usia Pakai

24 Juli 2023 21:23 WIB

SONORABANGKA.ID - Masing-masing mobil, kaca jendelanya dilengkapi dengan kaca film. Tapi, tak jarang ada orang yang tidak mengetahui bahwa aksesori tersebut juga ada usia pakainya.

Kaca film pada mobil memiliki fungsi yang cukup penting. Salah satu yang terpenting adalah menolak sinar ultraviolet (UV) dari matahari. Sehingga, temperatur kabin tidak terlalu panas.

Mukhlis, dari Bengkel Rina Jaya Film, spesialis kaca film mobil dan gedung, mengatakan, aksesori tersebut memang ada masanya. Idealnya, kaca film diganti setiap lima tahun.

"Walaupun memang ada kaca film yang tahan lamanya bisa sampai tujuh tahun. Tapi, idealnya itu lima tahun, biasanya sudah mulai ada scratch atau korosi," ujar Mukhlis, kepada Kompas.com, saat ditemui di bengkelnya yang berada di Pasar Segar Cinere, Depok, belum lama ini.

Mukhlis menambahkan, kecuali untuk kaca film yang murah. Menurutnya, kaca film yang murah kadang-kadang tidak sampai dua tahun sudah rusak. Sebab, bahan dan teknologi pembuatannya berbeda dari kaca film yang mahal.

Christopher Sebastian, Founder & CEO dari Makko Group, mengatakan, ada dua poin yang bisa dijadikan acuan dalam mengganti kaca film.

"Pertama, usia kaca filmnya sudah lebih dari lima tahun. Meskipun, ada kaca film yang bergaransi lebih dari lima tahun. Tapi, kalau sudah lebih dari kima tahun, pasti penurunan kualitasnya akan cukup terasa," kata Christopher.

Kedua, Christopher menambahkan, saat membeli mobil bekas. Sebab, kita tidak tahu usia kaca filmnya sudah berapa lama. Untuk itu, tidak ada salahnya juga untuk diganti dengan yang baru.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ingat, Kaca Film Mobil Juga Ada Masa Usia Pakai", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/07/24/104200915/ingat-kaca-film-mobil-juga-ada-masa-usia-pakai.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm