Ilustrasi Android 4.4 KitKat.
Ilustrasi Android 4.4 KitKat. ( AndroidAuthority)

Android 4.4 KitKat Pensiun Bulan Depan

26 Juli 2023 10:14 WIB

SonoraBangka.ID - Google meluncurkan sistem operasi (OS) ponsel Android 4.4 (KitKat) pada September 2013 lalu. Kini, setelah kurang lebih 10 tahun, Google memutuskan untuk menyetop dukungan OS tersebut bulan depan. 

Informasi ini disampaikan Google dalam sebuah unggahan yang dirilis di laman Android Developers Blog.

Dalam postingan itu, Product Manager Google Play Services, Sarat Tummala mengatakan bahwa dukungan aplikasi-aplikasi Google (Google Play Services) untuk ponsel Android KitKat akan dihentikan mulai Agustus 2023 mendatang.

Tummala tidak menyebut kapan tanggal pasti Google bakal menyetop dukungan Android KitKat, terlepas dari penyebutan Agustus 2023 tadi.

Namun yang jelas, alasan di balik penghentian pengembangan OS yang telah berumur satu dekade tersebut disebabkan oleh jumlah perangkat Android KitKat yang memang sudah sedikit.

"Per Juli 2023, jumlah perangkat smartphone aktif yang menjalankan Android 4.4 KitKat hanya berkisar satu persen dari total keseluruhan perangkat Android di seluruh dunia," jelas Tummala, dikutip dari AndroidDevelopersBlog, Selasa (25/7/2023).

Pengguna sendiri sejatinya masih bisa menggunakan ponsel Android KitKat. Hanya saja, dengan adanya informasi terbaru ini, mereka tak bisa mengakses sejumlah pembaruan aplikasi yang ada di Google Play Store.

Selain itu, mereka juga tak akan lagi mendapatkan pembaruan dan dukungan beragam aplikasi-aplikasi Google yang terhubung dengan Google Play Services versi 23.30.99 ke atas.

Seperti diketahui, Google Play Services merupakan aplikasi vital untuk menjalankan sistem operasi di perangkat. Bisa dibilang, Google Play Service adalah paket application programming interface (API) yang memayungi beberapa aplikasi yang terpasang di Android

Dengan kata lain, apabila versi Google Play Services tak bisa diperbarui, maka pengguna tak bisa menjalankan aplikasi-aplikasi versi terbaru di perangkat Android mereka.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm