Ini Penyebab Nyala Lampu Utama Motuba Redup
Ini Penyebab Nyala Lampu Utama Motuba Redup ( KOMPAS.COM)

Ini Yang Menyebabkan Nyala Lampu Utama Motuba Redup

26 Juli 2023 21:34 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Headlamp merupakan elemen pada mobil yang berguna saat berkendara malam hari. Khusus headlamp memiliki fungsi sebagai penerangan jalan, sekaligus tanda kepada pengendara lain.

Tidak terkecuali mobil tua bangka (motuba) juga membutuhkan headlamp yang terang sesuai dengan fungsinya supaya pengemudi bisa memantau kondisi jalan dengan maksimal.

Maka dari itu, pengguna perlu tahu apa yang kerap menyebabkan nyala headlamp motuba redup untuk segera diperbaiki.

Mekanik Aha Motor Yanto mengatakan headlamp redup bisa disebabkan oleh banyak hal, terlebih lagi pada motuba karena ada kemungkinan rangkaian listriknya sudah modifikasi.

“Bila headlamp menyala tidak terang, bisa diperiksa dulu rangkaian listriknya apakah arus listrik yang masuk sudah sesuai besarnya, biasanya mobil lawas sudah dimodifikasi,” ucap Yanto kepada Kompas.com, Rabu (26/7/2023).

Yanto mengatakan rangkaian listrik mobil lawas rawan bermasalah karena bisa lapuk atau hasil modifikasi yang tidak sempurna.

Beberapa hal yang perlu diperiksa antara lain sambungan kabel-kabel tidak boleh kendur, relay harus prima, dan rangkaian listriknya harus benar.

“Beda dengan mobil-mobil baru yang masih menggunakan rangkaian standar, pemeriksaan kelistrikan bisa dilakukan lebih mudah karena ada buku panduannya, kalau mobil tua tidak, karena bisa saja ada campur tangan manusia,” ucap Yanto.

Selain rangkaian listrik, headlamp redup juga bisa disebabkan oleh reflektor yang sudah lapuk. Seperti yang diketahui, reflektor headlamp punya karakter mengkilap agar cahaya memantul optimal.

“Lapisan warna mengkilap atau krom pada reflektor lampu bisa mengelupas atau berubah jadi buram, itu akan membuat cahaya lampu menjadi tidak terang dengan optimal,” ucap Yanto.

Yanto mengatakan reflektor lampu bisa dicat ulang atau diganti. Proses ini akan lebih baik dikerjakan oleh spesialis lampu agar lebih rapi dan terjamin awet.

“Bisa saja diperbaiki sendiri, cuma bila pengerjaanya kurang rapi akan menyebabkan kualitas lampu menurun, usianya tidak awet dan ada risiko-risiko lainnya,” ucap Yanto.

Jadi, penyebab headlamp motuba menyala redup bisa disebabkan oleh masalah rangkaian listrik dan cat reflektor yang sudah pudar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Penyebab Nyala Lampu Utama Motuba Redup", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/07/26/131200315/ini-penyebab-nyala-lampu-utama-motuba-redup.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm