Kondisi Stadion Kanjuruhan terkini, Selasa (6/6/2023)
Kondisi Stadion Kanjuruhan terkini, Selasa (6/6/2023) ( KOMPAS.COM)

Dimulai Agustus 2023, Renovasi Stadion Kanjuruhan Butuh Dana Rp 390 Miliar

27 Juli 2023 18:29 WIB

SonoraBangka.ID - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaporkan akan melakukan renovasi Stadion Kanjuruhan di Malang, Jawa Timur pada Agustus 2023.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, anggaran yang disiapkan pemerintah untuk renovasi Stadion Kanjuruhan mencapai Rp 390 miliar.

Saat ini, pemerintah sedang melelang untuk menentukan siapa yang akan menjadi pemenang tender untuk menggarap proyek renovasi Stadion Kanjuruhan.

"(Anggaran) Rp 390 miliar itu yang dilelangkan, belum tahu siapa pemenangnya," kata dia usai acara Main Event Sewindu Proyek Strategis Nasional, Rabu (26/7/2023).

Ia menambahkan, selain Stadion Kanjuruhan terdapat 22 stadion lain yang akan direnovasi pemerintah. Untuk itu, pemerintah telah menyiapkan anggaran mencapai Rp 1,2 triliun.

Dari total jumlah tersebut, salah satu yang akan direnovasi adalah Stadion Surajaya di Lamongan.

Seperti telah diberitakan Kompas.com, Direktur Prasarana Strategis Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya Kementerian PUPR Essy Asiah mengatakan, renovasi Stadion Kanjuruhan akan dimulai akhir Juli atau Agustus tahun ini.

"(Stadion) Kanjuruhan Malang saat ini sedang lelang. Mudah-mudahan di akhir Juli atau awal Agustus kita mulai konstruksi, prosesnya masih lelang sekarang, ya berdoa saja segera selesai lelangnya, kita mulai untuk konstruksinya," ujar dia.

Sebelumnya, Kementerian PUPR telah melakukan audit dan evaluasi teknis bangunan gedung Stadion Kanjuruhan atas perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi). harapannya renovasi akan selesai dalam satu tahun.

Selain itu, Kementerian PUPR juga akan membangun monumen untuk mengenang para korban dalam tragedi Stadion Kanjuruhan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dimulai Agustus 2023, Renovasi Stadion Kanjuruhan Butuh Dana Rp 390 Miliar", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/07/27/104000526/dimulai-agustus-2023-renovasi-stadion-kanjuruhan-butuh-dana-rp-390-miliar.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm