Ilustrasi seorang mekanik mengganti oli mobil. (DOK. Shutterstock.)
Ilustrasi seorang mekanik mengganti oli mobil. (DOK. Shutterstock.) ( KOMPAS.COM)

Salah Kaprah Untuk Mobil Baru Pakai Oli Kental

27 Juli 2023 20:29 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pemilik mobil kerap menggunakan pelumas atau oli mesin dengan spesifikasi lebih kental. Terutama untuk mobil yang sudah berumur lebih dari lima tahun dengan alasan komponen mesin sudah renggang.

Apin, punggawa bengkel spesialis Pelita Motor Mitsubishi di sentra mobil Blok M, Jakarta, mengatakan, hal tersebut salah kaprah. Mobil mestinya tetap mengikuti spesifikasi oli sesuai anjuran pabrikan apalagi untuk mobil yang tergolong muda.

"Orang suka kadang karena mobilnya sudah lima tahun kemudian pakai yang lebih kental saja. Itu tidak boleh sebenarnya. Aturannya tidak boleh," kata Apin yang ditemui di Jakarta, Rabu (26/7/2023).

"Banyak saya perhatikan, kadang kustomer disuruh bengkel pakai oli yang kental sebab mobilnya sudah lama, kilometernya sudah 150.000 km, jadi bagusnya pakai yang kental jangan encer-encer, padahal tidak," kata Apin.

Apin yang juga punya toko oli di Blok M mengatakan, mobil keluaran baru punya tingkat kerapatan komponen yang sangat tinggi sehingga pemilik mesti sesuaikan SAE atau tingkat kekentalan oli sesuai anjuran pabrikan.

"Misal dari pabrikan 0W-20 atau 5W-30 ya kita mesti sesuaikan. Tidak boleh misalkan mau SAE-nya 5W-30 terus dikasih 0W-20 supaya lebih enteng atau olinya lebih cepat naik," kata Apin.

"Harus sesuai dengan kriteria yang ditetapkan APM. Mobil-mobil sekarang banyak yang pakainya oli 0W-20, encer, karena mesinnya diciptakan untuk oli yang encer," ujar dia.

Apin mengatakan, pandangan bahwa mobil lama mesti pakai oli yang lebih kental karena bagian dalam mesin mulai renggang sebetulnya tidak berpengaruh apa-apa.

"Itu tidak ngaruh. Katanya kan tingkat kerapatan ring seher atau silinder," kata Apin "Mobil generasi baru di atas 2015 harus olinya sesuai, tidak seperti mobil 90'an. Kita tidak bicara mobil 80'an karena terlalu jauh, atau mobil era 2000'an tidak masalah tapi 2015 ke atas itu blok mesin dan lainnya harus sesuai dengan spesifikasi," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Salah Kaprah Mobil Baru Pakai Oli Kental", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/07/27/153403615/salah-kaprah-mobil-baru-pakai-oli-kental.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm