Ilustrasi mekanik memeriksa cakram disk brake yang berkarat(Prostooleh/Freepik)
Ilustrasi mekanik memeriksa cakram disk brake yang berkarat(Prostooleh/Freepik) ( KOMPAS.COM)

Penyebab Timbul Bercak Karat di Piringan Cakram Mobil

30 Juli 2023 19:10 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Piringan cakram atau disc brake pada mobil, menjadi komponen yang penting, dan biasanya memiliki usia pakai yang relatif lama. Biasanya, banyak piringan cakram terlihat mengalami bercak karat, amankah?

Piringan cakram mobil yang berkarat, sebernarnya wajar terjadi karena bahan materialnya besi dan dapat berkarat.

"Material cakram adalah cast iron atau besi tuang, sehingga sudah menjadi sifat dasar bila mudah terjadi pelapukan kimia, dan menimbulkan karat, ucap Bambang Supriyadi, Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor. Kompas.com beberapa waktu lalu.

Piringan cakram tidak dilindungi lapisan anti karat, alasannya untuk mempertahankan fungsinya agar gampang menimbulkan friksi saat pengereman.

"Bila dilapisi cairan, dapat dikhawatirkan cakram tidak dapat bekerja secara optimal, karena tidak mampu memberikan daya pengereman optimal akibat piringan yang licin," jelas Bambang.

Hal yang sama juga dijelaskan oleh Kepala Bengkel Honda Kusuma Siliwangi, Teguh Dwi Haryanto, menjelaskan bahwa bercak karat pada piringan cakram juga bisa disebabkan oleh faktor kelembapan udara karena mobil jarang dipantau.

"Lembab yang terjadi karena mobil jarang dipakai, juga dapt menimbulkan bercak karat. Perubahan senyawa kimia terjadi pada piringan cakram karena gesekan kampas dan disc brake tidak ada lapisan metal," ucap Teguh.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Penyebab Timbul Bercak Karat pada Piringan Cakram Mobil", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/07/30/130100915/penyebab-timbul-bercak-karat-pada-piringan-cakram-mobil.


SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm