Servis mobil di bengkel resmi (Nissan Setiabudi Semarang )
Servis mobil di bengkel resmi (Nissan Setiabudi Semarang ) ( KOMPAS.COM)

Pentingnya Melakukan Servis 1.000 Km untuk Mobil Baru

31 Juli 2023 20:50 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Konsumen perlu memperhatikan waktu perawatan pada mobil baru. Selain sebagai upaya menjaga keselamatan pengendara, servis mobil rutin bertujuan menjaga performa mobil agar tetap prima.

Termasuk servis awal atau biasa disebut servis 1.000 Km harus dilakukan walau mobil masih dalam kondisi prima.

Sementara itu, rangkaian servis mobil baru sudah tertera pada buku pedoman servis mulai dari 1.000 Km dan seterusnya. Sehingga, konsumen bisa memperhatikannya.

Service Advisor Daihatsu Cilacap Abdul Fadhol mengatakan konsumen sering mengabaikan servis 1.000 Km padahal itu penting demi kelangsungan performa mobil selama pemakaian.

“Dalam servis awal tersebut, ada banyak sekali pemeriksaan seperti memastikan baut-baut masih terikat kencang, fungsi komponen normal dan sebagainya, meski dari pabrik juga sudah dilakukan pemeriksaan,” ucap Fadhol kepada Kompas.com, Minggu (30/7/2023).

Fadhol mengatakan mobil baru yang keluar dari pabrik pasti sudah melalui proses quality control ketat, namun selama mobil dioperasikan di awal-awal sampai mobil menempuh jarak 1.000 Km itu menjadi masa uji coba tersendiri.

Dengan melakukan pemeriksaan awal ini, bisa dipastikan mobil memang aman dioperasikan dengan berbagai kondisi jalan. Pasalnya, bisa saja ditemukan ada komponen abnormal, atau penurunan performa pada komponen tertentu.

“Selain itu, servis 1.000 Km juga menjadi syarat berlangsungnya garansi mobil, bila tidak dilakukan maka proses klaim garansi bisa terkendala, itu cukup merugikan bagi konsumen,” ucap Fadhol.

Maka dari itu Fadhol mengimbau kepada konsumen yang memiliki mobil baru agar memperhatikan waktu servis 1.000 Km karena cukup penting dilakukan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pentingnya Servis 1.000 Km untuk Mobil Baru", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/07/31/091200515/pentingnya-servis-1.000-km-untuk-mobil-baru.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm