Ilustrasi kue koci-koci dengan isian kelapa parut dan siraman santan kental.
Ilustrasi kue koci-koci dengan isian kelapa parut dan siraman santan kental. ( DOK.SHUTTERSTOCK/tenamyname)

Jajanan Tradisonal Yang kenyal, Berikut Cara Membuat Kue Koci

1 Agustus 2023 12:27 WIB

SonoraBangka.id - Cara membuat kue koci kacang hijau ini, terbilang mudah dengan bahan sederhana.  Umumnya, kue koci atau biasa disebut dengan koci-koci memiliki isian parutan kelapa parut mirip dengan kue mendut. Namun, ada kreasi kue koci lainnya yang dibuat dengan isian kacang hijau seperti isi kue ku.  Kue tradisional kukus ini dibungkus dengan daun pisang dan dibentuk persegi dengan tepiannya yang dibuat pipih.  Selengkapnya, simak resep jajanan tradisional isi kacang hijau dari buku "Pusaka Kuliner Nyonya Rumah 1200 RESEP MASAKAN DAN KUE LEGENDARIS" (2013) oleh Nyonya Rumah terbitan Gramedia Pustaka Utama. 

Resep kue koci isi kacang hijau

Bahan 

4 cangkir tepung ketan

100 gram gula jawa 

Santan kental secukupnya

Garam dan daun pisang secukupnya

Isi kacang hijau lembut dan manis

Cara membuat kue koci isi kacang hijau

1. Rebus dulu gula jawa dan sedikit air hingga larut. Saring dan masukkan tepung ketan dan santan.

2. Aduk bahan sampai adonan bisa dipulung. Remas dan uleni.  B

3. entuk bola pingpong dan beri isian kacang hijau lembut. Bungkus persegi dengan daun pisang mirip dengan kue bugis, kukus hingga matang. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Kue Koci Isi Kacang Hijau, Jajanan Tradisional yang Kenyal", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/08/01/101300875/resep-kue-koci-isi-kacang-hijau-jajanan-tradisional-yang-kenyal.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm