Ilustrasi diler mobil bekas(KOMPAS.com/daafa)
Ilustrasi diler mobil bekas(KOMPAS.com/daafa) ( KOMPAS.COM)

Waspada, Berikut Ciri-ciri Fisik Mobil Bekas Banjir

1 Agustus 2023 21:22 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Bagi konsumen yang hendak membeli mobil bekas, ada beberapa pemeriksaan yang sebaiknya dilakukan, untuk memastikan mobil memiliki kualitas baik dan bebas kerusakan.

Satu jenis kendala yang bisa sangat merepotkan adalah membeli mobil bekas banjir. Bagi konsumen yang keliru membeli, hal ini bisa sangat tidak menguntungkan.

Nehemia Tigor, pemilik bengkel spesialis body repair Gosyen Auto Garage Care (GAG Care) menjelaskan, mobil bekas banjir hampir bisa dipastikan memiliki banyak kerusakan.

“Ibaratnya sudah seperti borok yang sifatnya permanen. Dari segi kenyamanan saja, pasti beda dengan mobil bekas yang dirawat (belum pernah kebanjiran),” ujarnya kepada Kompas.com, Senin (31/7/2023).

Mengantisipasi hal ini, Tigor membagikan tips pemeriksaan fisik mudah yang bisa dilakukan calon pembeli, supaya terhindar dari mobil bekas banjir.

Dia menyarankan konsumen untuk memperhatikan bagian panel samping terlebih dahulu, khususnya area lis sekitar pintu dan fender, serta kondisi rem mobil.

“Kalau mobil pernah lewat banjir dalam, biasanya lis karet-karet di sisi samping bakal getas. Tanda seal sudah lemah dan adhesif (perekat) sudah hilang,” ujarnya.

Tigor melanjutkan, ada juga kemungkinan munculnya lapisan karat pada bagian dalam fender. Meski tanda-tanda ini bisa berbeda tergantung jenis mobil.

"Rem juga harus dicek, ada yang cakram dan tromol tergantung jenis mobilnya. Biasanya ada karat permanen yang sulit hilang," kata dia.

Anjuran kedua yang dia bagikan adalah tes berkendara. Seringkali, mobil bekas banjir akan mengalami masalah pada komponen tie rod.

Pada kasus ini, karet pada tie rod yang getas akan memunculkan suara berderik kasar. Hal itu akan mempengaruhi kemudi.

“Jadinya setir agak oblak, enggak sestabil biasanya. Seharusnya ini bisa terasa kalau mobil dicoba, pakai saja untuk bermanuver ringan,” kata Tigor.

Supaya aman, Tigor menyarankan konsumen untuk membeli mobil bekas di diler yang terpercaya dan selalu melakukan inspeksi lengkap sebelum menjual.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Waspada, Ini Ciri-ciri Fisik Mobil Bekas Banjir", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/08/01/081200115/waspada-ini-ciri-ciri-fisik-mobil-bekas-banjir.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm