Rem mobil(Dicky Aditya Wijaya)
Rem mobil(Dicky Aditya Wijaya) ( KOMPAS.COM)

Ini Manfaat Melakukan Servis Rem Mobil secara Rutin

1 Agustus 2023 21:45 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Salah satu perawatan mobil adalah melakukan servis rem secara berkala. Seperti yang diketahui, rem memegang peran penting sebagai fitur keselamatan berkendara.

Sudah semestinya mobil tidak cuma perlu memperhatikan performa mesin, tetapi rem juga wajib dalam kondisi terbaiknya agar dapat mengurangi kecepatan laju mobil dengan akurat.

Salah satu risiko mobil jarang melakukan servis rem adalah rem blong. Maka dari itu, perawatan ini wajib dilakukan secara rutin.

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim mengatakan, servis rem mobil perlu dilakukan mengikuti jadwal servis yang tertera di buku pedoman.

“Servis rem keempat roda pasti dilakukan bila mobil masih rutin servis berkala kelipatan 20.000 km, dalam kondisi tertentu servis rem juga perlu dimajukan guna menghindari risiko blong dan sejenisnya,” ucap Ibrohim, dikutip dari Kompas.com, Selasa (1/8/2023).

Ibrohim mengatakan, ketika mobil kerap melintas di jalan berdebu atau berlumpur, servis rem perlu dilakukan lebih rutin. Kampas rem lebih rawan kotor dan jika diabaikan ada risikonya.

Selain kondisi tersebut, ketika mobil kerap melintasi jalanan menanjak dan turunan seperti di perbukitan maka servis rem juga perlu diperhatikan jangan sampai telat.

“Tujuan servis rem pada semua roda yang utama untuk membersihkan kampas rem dan permukaan piringan dari debu, sehingga gaya gesek kembali maksimal ketika rem aktif, selain itu diperiksa juga ketebalan kampasnya,” ucap Ibrohim.

Ibrohim mengatakan, dengan melakukan servis rem secara rutin, risiko kampas rem habis di perjalanan menjadi minim. Sehingga, risiko rem blong lebih rendah.

Selain kampas, mekanikal rem juga perlu dilumasi secara berkala menurut Ibrohim agar kinerjanya optimal dan tidak menyebabkan masalah lain.

“Pin kaliper wajib selalu dalam kondisi terlumasi karena prinsip kerjanya adalah sebagai peluncur, dengan demikian kampas rem dapat lebih menggigit saat pedal rem diinjak pengemudi,” ucap Ibrohim.

Ibrohim juga mengatakan, dalam servis rem dilakukan pemeriksaan kebocoran cairan rem sehingga akan mengurangi risiko blong.

“Diperiksa secara visual di seluruh rangkaian pipa minyak rem, terus diperiksa juga performanya baik master rem dan booster, jika ada kebocoran maka akan menjadi informasi ke konsumen agar disetujui untuk diperbaiki,” ucap Ibrohim.

Berhubung servis rem merupakan proses pemeriksaan yang sangat penting, Ibrohim menganjurkan untuk dilakukan secara berkala dengan tepat waktu sesuai anjurannya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Manfaat Servis Rem Mobil secara Rutin", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/08/01/101200115/ini-manfaat-servis-rem-mobil-secara-rutin?page=all#page2.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm