Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. ( KOMPAS.com)

Erick Thohir: Masalah Sesama BUMN Selesaikan dalam Sehari, Jangan Bertahun-tahun

2 Agustus 2023 10:35 WIB

SonoraBangka.ID - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMNErick Thohir berharap setiap permasalahan yang terjadi antara perusahaan pelat merah bisa selesai dengan cepat, bahkan dalam satu hari. Hal ini dinilai untuk mendorong pengembangan BUMN.

Ia menuturkan, peningkatkan kualitas dan kolaborasi antara insan atau pegawai BUMN merupakan hal yang penting. Maka, salah satu upayanya dilakukan melalui penyelenggaraan BUMN Fest 2023.

BUMN Fest 2023 merupakan ajang kompetisi olahraga dan seni yang melibatkan per klaster BUMN. Erick menyebut ajang ini dapat menjadi pembelajaran untuk menghadapi permasalahan yang ada antara BUMN.

"Ada yang menarik, tadi katanya 'Pak pertandingan ini panas, persaingan gigih, tapi ketika ada perbedaan permasalahan diselesaikan satu hari', wah luar biasa," ujarnya saat menutup BUMN Fest 2023 di Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (1/8/2023).

Ia pun berharap dari kebersamaan yang dibangun tersebut, para pegawai BUMN bisa memiliki manajemen konflik yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan antara BUMN.

"Jadi kalau ada isu antara BUMN diselesaikan pun sehari seperti pertandingan olahraga gitu, jangan bertahun-tahun, karena kita keluarga besar, serta kita harus jadi solusi satu dan lainnya," jelas dia.

Menurutnya, BUMN terus didorong untuk berperan sebagai "menara gading". Oleh sebab itu, kerja sama satu sama lain diperlukan, termasuk pula dengan swasta maupun UMKM.

Ia bilang, BUMN memiliki peran penting untuk bisa mendorong UMKM-UMKM lokal bisa naik kelas.

"Membangun bangsa ini, membangun BUMN ini, ya perlu kebersamaan. Perbedaan baik, tetapi perbedaan yang bisa diselesaikan dengan solusi yang baik, bukan perbedaan yang jadi perdebatan yang tidak ada habisnya," papar Erick.

Adapun BUMN Fest 2023 diikuti 3.209 peserta dari 12 klaster BUMN dan Kementerian BUMN. Acara ini mencakup pertandingan olahraga seperti sepakbola, voli, hingga basket, serta seni seperti band, vokal grup, dan berbalas pantun.

Ketua Panitia BUMN Fest 2023 Gregorius Adi mengatakan ajang ini telah mendorong kolaborasi dan kebersamaan antara pegawai BUMN, terlebih pelaksanaannya telah memanfaatkan aset-aset milik BUMN.

"Kompetisi ini menyatukan seluruh BUMN di lapangan dalam satu semangat kerja sama dan menunjukkan talenta-talenta yang luar biasa dari insan BUMN," ucapnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Erick Thohir: Masalah Sesama BUMN Selesaikan dalam Sehari, Jangan Bertahun-tahun", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/08/02/093257926/erick-thohir-masalah-sesama-bumn-selesaikan-dalam-sehari-jangan-bertahun-tahun.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm