ilustrasi yoghurt.
ilustrasi yoghurt. ( SHUTTERSTOCK/Sea Wave)

Seperti Sayuran Hijau, Berikut 8 Makanan Yang Baik Untuk Pencernaan

3 Agustus 2023 07:35 WIB

SonoraBangka.id - Saluran pencernaan memainkan peran penting dalam kesehatan, sebab bertanggung jawab untuk menyerap nutrisi dan membuang limbah pada tubuh. Masalah sistem pencernaan seperti kembung, sembelit, diare, mual, gas, dan sakit perut sering terjadi karena mengonsumsi makanan tertentu atau kekurangan serat dan probiotik. Jika memiliki masalah pencernaan mengonsumsi beberapa makanan seperti sayuran hijau, gandum, buah apel, dapat membantu meredakan gejalanya. Simak makanan yang baik untuk pencernaan seperti sayuran hijau, dikutip dari laman Healthline dan Medical News Today, berikut selengkapnya.

1. Yoghurt 

Yoghurt dibuat dari susu yang difermentasi, memiliki bakteri asam laktat. Bakteri ramah dikenal dengan probiotik, yaitu bakteri yang hidup pada saluran pencernaan dapat membantu meningkatkan pencernaan dan menjaga kesehatan usus. Pastikan membeli yoghurt mengandung probiotik karena tidak semua yoghurt terdapat kandungan tersebut.

2. Apel

Buah apel adalah sumber yang kaya pektin, yaitu serat larut. Pektin melewati pencernaan di usus kecil kemudian dipecah oleh bakteri ramah di usus besar. Buah apel bisa kamu makan saat sembelit dan diare, dapat mengurangi infeksi usus serta peradangan pada usus besar.

3. Adas

Adas sering digunakan sebagai bumbu masakan, ternyata adas memiliki kandungan serat yang membantu mencegah sembelit dan meningkatkan kereraturan dalam saluran pencernaan. Selain itu adas mengandung agen antispasmodik yang melemaskan otot polos di saluran pencernaan. Mengurangi gejala seperti kembung.

4. Jahe

Jahe merupakan bumbu masakan yang sering digunakan dan selalu ada di rumah, kamu bisa membuat teh jahe untuk mengatasi perut kembung.

5. Sayuran berkulit

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm