Komponen CVT dan V-belt pada motor matik(KOMPAS.com/daafa)
Komponen CVT dan V-belt pada motor matik(KOMPAS.com/daafa) ( KOMPAS.COM)

Rumus Untuk Hitungan Ganti Karet V-Belt Motor Matik

3 Agustus 2023 17:09 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Bagi pemilik motor matik, perawatan sektor CVT merupakan hal wajib yang sebaiknya rutin dilakukan. Salah satu komponen yang harus dipastikan kualitasnya yakni van belt (V-belt).

Untuk diketahui, van belt sendiri mempunyai peranan selayaknya rantai, dan membantu proses transmisi yang dilakukan di dalam pulley CVT.

Tapi karena komponen ini berbahan dasar karet, harus dilakukan penggantian rutin setelah masa pakainya terpenuhi.

Andre, Kepala Bagian Spare Part AHASS Motor Cikupa menjelaskan, durasi penggantian van belt motor adalah sekali setiap 24.000 kilometer, atau setelah satu tahun penggunaan.

Namun ternyata, angka tersebut bisa bervariasi dan berubah, tergantung intensitas pemakaian dan kontur jalan.

“Misalnya ojek online, pastinya durasinya kuraang dari satu tahun. Tergantung nariknya (jarak tempuh) dalam sehari, biasanya van belt diganti tiap 6 bulan sekali,” ujarnya kepada Kompas.com, Rabu (2/8/2023).

Adapun yang dimaksud dengan kontur jalan adalah tingkat elevasi area. Misalnya area dataran tinggi yang banyak ditemui tanjakan dan turunan curam.

“Walaupun kilometernya belum 24.000, bisa jadi van belt harus ganti. Soalnya kerjanya lebih ekstrim, banyak main torsi,” kata dia.

Andre menambahkan, tanda-tanda kerusakan van belt cukup sulit dirasakan. Boleh jadi motor masih terasa normal dan nyaman dikendarai, namun tidak berselang lama, tidak bisa dijalankan karena belt putus.

Mengantisipasi hal tersebut, Andre menyarankan untuk melakukan servis pemeriksaan rutin CVT di bengkel resmi tiap 8.000 kilometer, supaya gejala-gejala awal kerusakan seperti getas atau pecah-pecah bisa diketahui.

“Secara hitungan kan servisnya tiap 1/3 usia van belt. Setelah masuk ke servis yang ke-3, biasanya van belt diganti,” ujar Andre.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Rumus Hitungan Ganti Karet V-Belt Motor Matik", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/08/03/071200715/rumus-hitungan-ganti-karet-v-belt-motor-matik.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm