Bengkel perbaikan bodi mobil punya berbagai pilihan mulai dari bengkel resmi sampai body repair atau reparasi pinggir jalan yang biasa dikenal dengan sebutan cat duco.(KOMPAS.com/Gilang)
Bengkel perbaikan bodi mobil punya berbagai pilihan mulai dari bengkel resmi sampai body repair atau reparasi pinggir jalan yang biasa dikenal dengan sebutan cat duco.(KOMPAS.com/Gilang) ( KOMPAS.COM)

Perbedaan Antara Bengkel Ketok Biasa dan Ketok Magic

3 Agustus 2023 18:25 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Dalam perbaikan bodi mobil ada istilah bengkel ketok dan ketok magic. Bengkel ketok mayoritas dilakukan bengkel cat duco alias bengkel body repair yang terletak di pinggir jalan.

Lantas apa bedanya antara pengerjaan ketok biasa dan ketok magic?

Jaya, tukang cat duco dari Bumi Motor di Martimbang, Jakarta Selatan, mengatakan, perbedaan mendasar antara ketok biasa dan ketok magic terletak pada proses pengerjaan.

"Kalau ketok magic tersembunyi dan ditutupi jadi pemilik mobil tersebut tidak mengetahui proses pengerjaan dan siapa yang mengerjakan. Kalau ketok biasa sifatnya terbuka jadi siapa saja bisa melihat," kata Jaya kepada Kompas.com, Selasa (1/8/2023).

"Bedanya sedikit. Tapi intinya tetap diketok," ujar Jaya.

Hal yang sama dengan Jaya, Bambang Sukoco, pemilik bengkel body repair dan ketok magic Ketok Halus 2000, di Kemanggisan, Jakarta Barat, mengatakan, alat yang dipakai ketok biasa dengan ketok magic juga sama.

"Sebetulnya tidak ada beda, semua juga pakai alat-alat yang sama. Hanya saja, kalau ketok magic itu sebab dulu itu ditutup-tutupi. Jadi ada mitos magic itu pakai apa, padahal alatnya sama saja," ujar Bambang.

"Mungkin pengerjaan ketok magic saja lebih tertutup. Lebih kepada teknik pengerjaannya saja," ujar Bambang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Perbedaan Bengkel Ketok Biasa dan Ketok Magic", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/08/03/102200715/perbedaan-bengkel-ketok-biasa-dan-ketok-magic.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm