ilustrasi pizza. Nikita Mirzani mentraktir semua tahanan di Rutan Kelas IIB Serang.
ilustrasi pizza. Nikita Mirzani mentraktir semua tahanan di Rutan Kelas IIB Serang. ( shutterstock/D-VISIONS)

Bisa Pakai Teflon, Berikut 3 Cara Membuat Pizza di Rumah

6 Agustus 2023 14:59 WIB

SonoraBangka.id - Oven atau alat membakar pizza tidak menjadi halangan bila kamu ingin membuat makanan khas Italia ini di rumah. Bila tak ada oven khusus, adonan piza bisa dimatangkan menggunakan teflon yang lebih praktis. Riswan Pramudia, Executive Chef Favehotel Pamanukan, membagikan tiga tips membuat piza di rumah. Simak berikut ini.

1. Pakai keju  mozzarella 

Mozzarella merupakan jenis keju paling tepat untuk membuat pizza. Namun, perhatikan asal keju saat membuat piza. Menurut Riswan, keju mozzarella asal Amerika lebih nikmat dipadukan dengan adonan dan saus piza, dibandingkan dengan keju yang sama asal negara lain. "Kebanyakan sih milih keju mozzarella dari Amerika karena lebih juicy, lembut, dan melelehnya pas," kata Riswan kepada media dalam acara Archipelago Food Festival ke-26 di Favehotel Pamanukan, Subang, Jawa Barat pada Sabtu (29/7/2023).

2. Bakar  pizza  maksimal 10 menit

Suhu memasak pizza berada di 180 derajat celsius. Masukkan adonan pizza saat oven sudah menyentuh suhu tersebut. Kemudian, cukup membakar pizza selama 5-10 menit, tergantung ketebalan adonan rotinya. Tanda pizza matang bisa dilihat dari bagian pinggir roti yang membentuk crust atau tekstur renyah dan menghitam.

3. Masak pakai teflon

Riswan mengatakan, pizza paling baik dimasak di oven, tetapi tidak ada salahnya membuat pizza dengan teflon. Sesuaikan ukuran roti piza dengan diameter teflon yang digunakan agar bentuk pizza sempurna saat matang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Bikin Pizza di Rumah, Bisa Pakai Teflon", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/08/04/160915875/3-cara-bikin-pizza-di-rumah-bisa-pakai-teflon.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm