audio mobil - Elixir Car Stereo(Kompas.com/Nanda)
audio mobil - Elixir Car Stereo(Kompas.com/Nanda) ( KOMPAS.COM)

Modifikasi Untuk Audio Mobil, Tidak Selalu Harus Mahal

6 Agustus 2023 19:18 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Salah satu bentuk modifikasi pada kendaraan adalah dengan mengubah sistem hiburannya. Seperti mengganti speaker, head unit sampai menambah subwoofer kerap dilakukan oleh para pencinta modifikasi audio untuk mendapatkan suara berkualitas.

Kendati demikian, untuk mendapatkan suara yang berkualitas tidak selalu harus menambah perangkat audio dengan harga yang mahal.

Salah satu bengkel spesialis audio mobil Elixir Car Stereo, yang berlokasi di Jalan Arjuna Selatan No 39 Kebon Jeruk, Jakarta Barat, dikenal bisa meracik audio mobil bawaan layaknya modifikasi advance.

Utanto Wibowo, punggawa sekaligus tuner dari Elixir Car Stereo menjelaskan, Elixir Car Stereo memiliki prinsip modifikasi audio sederhana dan tepat guna.

“Banyak anggapan bahwa car audi itu toko yang menjual perangkat head unit, itu betul, tapi Elixir beda penangannya. Ibarat ke dokter, tidak selalu dikasih antibiotik, pasti ditanya dulu keluhannya apa,” ucap pria yang akrab disapa Yung Yung, saat ditemui Kompas.com, di Jakarta Barat, Sabtu (5/8/2023).

“Begitu pun audio, butuhnya apa, goals nya seperti apa. Itu yang utama. Contoh, saya ada mobil baru kok suaranya tidak nyaman, cempreng, bass-nya kurang. Nah, dari bass kurang itu nanti kami yang diagnosa. Kami scan butuh bass-nya seberapa, karena selera orang kan berbeda-beda,” lanjutnya.

Maka dari itu, Utanto mengatakan, sentuhan audio yang dilakukan harus tepat sesuai kebutuhan dan keinginan si pemilik dengan mengoptimalkan perangkat OEM (Original Equipment Manufacturing) terlebih dahulu ditambahkan perangkat Digital Signal Processor (DSP).

Sederhananya, processor tersebut berfungsi untuk tuning atau mengelola suara. Dengan begitu suara yang dikeluarkan dari speaker bisa maksimal di dengar oleh pemilik kendaraan.

Penyetelan dilakukan lewat aplikasi di laptop atau handphone. Bahkan beberapa processor sudah dilengkapi dengan bluetooth. Sehingga playback lagu lewat telepon genggam, tidak lewat head unit.

“Kami melakukan scan dengan uji coba di mobil, dengar sama-sama (dengan konsumen). Misal, bass segini sudah lebih dari cukup, berarti tidak butuh subwoofer. Jadi Elixir ini mau menegaskan butuhnya yang mana. Jangan sampai pasang subwoofer, ampli atau lain-lain padahal yang dibutuhkan bukan itu,” kata Utanto.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm