Ilustrasi kue pancong lumer.
Ilustrasi kue pancong lumer. ( DOK.SHUTTERSTOCK/tyasindayanti)

Lengkap Dengan Tips Membuatnya, Berikut Ini Resep Kue Pancong

8 Agustus 2023 17:50 WIB

SonoraBangka.id -  Kue pancong merupakan salah satu kue tradisional yang terbuat dari tepung beras, santan, dan kelapa parut. Kue pancong cukup mudah untuk dibuat dengan bahan seperti tepung beras, kelapa setengah tua, santan, garam, dan minyak sayur. Kue pancong nikmat disajikan untuk teman minum teh, taburi gula halus jika suka. Simak resep kue pancong dan tips membuatnya, dikutip dari buku "Aneka Resep - Jajanan Pasar" (2016) karya Tim Dapur Esensi terbitan Penerbit Erlangga.

Resep kue pancong 

Bahan:

250 gram tepung beras kualitas terbaik

250 gram kelapa setengah tua, parut memanjang

800 ml santan

Garam secukupnya

Minyak sayur untuk mengoles

Cara membuat kue pancong:

1. Campur tepung beras, garam, dan santan. Aduk hingga adonan tidak berbutir.

2. Masukkan kelapa parut, aduk rata.

3. Panaskan cetakan kue pancong. Setelah cetakan benar-benar panas, olesi dengan sedikit minyak sayur. Tuang adonan ke dalam lubang-lubang cetakan hingga penuh.

4. Panggang kue di atas api sedang hingga pinggirnya kering. Angkat, sajikan selagi hangat.

Tips: Kue pancong akan lebih enak jika menggunakan tepung beras yang masih segar. Sebagai variasi rasa, bisa juga disajikan bersama taburan gula pasir. Jangan masak kue dengan api besar karena pinggiran kue akan cepat kering sementara bagian tengahnya belum matang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Kue Pancong dan Tips Membuatnya", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/08/07/190300375/resep-kue-pancong-dan-tips-membuatnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm