Ilustrasi es teh manis.
Ilustrasi es teh manis. ( SHUTTERSTOCK/Kimberley O'Quinn)

Agar Cepat Balik Modal, Berikut Ini 4 Cara Jualan Es Teh

8 Agustus 2023 18:02 WIB

SonoraBangka.id -  Franchise es teh manis tengah ramai belakangan ini. Usaha kemitraan ini menawarkan modal jualan di bawah Rp 10 juta. Sebelum mengikuti kemitraan tersebut, sebaiknya cari tahu tips menjual es teh manis agar cepat balik modal. Simak empat cara jualan es teh manis dari buku "Kursus Wirausaha: Menjadi Pengusaha Es Buah & Es Teh" (2013) oleh Yuyun Alamsyah terbitan Gramedia Pustaka Utama berikut ini.

1. Tentukan segmen pasar

Ketahui segmen pasar yang ingin dituju. Umumnya target pasar ini terbagi menjadi segmen atas, mengenang dan bawah. Kamu juga bisa memecahnya menjadi kategori usia, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua. Segmen pasar akan membantu kamu menentukan fokus kebutuhan pasar yang ada dan menyesuaikannya dengan harga jual. Harga jual es teh manis juga dipengaruhi oleh segmen pasar, selain modal dan perhitungan biaya lainnya. 

2. Tetapkan keunggulan es teh manis

Merek es teh manis yang menawarkan kemitraan bukan hanya satu. Kamu bisa menemukan banyak pilihan sebelum mengikuti salah satunya. Pilih merek teh atau es teh manis yang memiliki keunggulan daripada merek lainnya. Hal ini bisa dijadikan keunggulan selama berjualan es teh manis. Misalnya, merek tersebut sudah populer di indonesia, menggunakan gula asli dan bahan bermutu, atau menawarkan beragam rasa es teh.

3. Pilih lokasi yang tepat

Poin ini tak kalah penting. Lokasi berkaitan dengan segmen pasar di poin pertama yang juga akan memengaruhi penjualan. Kemitraan es teh manis kebanyakan didesain dengan gerobak sederhana. Jadi, tak perlu ruang luas untuk meletakan tempat jualan ini. Kamu bisa memilih lokasi yang dilalui banyak orang, seperti jalan umum, dekat sekolah, atau di depan minimarket.

4. Pastikan modal dan peralatannya sudah aman

Terakhir, kamu perlu memastikan modal utama atau modal keseluruhan saat mendirikan usaha es teh manis. Ketahui sistem kemitraan es teh manis yang ditawarkan, apakah berbentuk beli putus pada nama mereknya atau sistem bagi hasil. Selanjutnya, perhatikan peralatan berjualan yang dibutuhkan. Mulai dari mesin, tempat simpan es, hingga gelas ukur. Pastikan semua alatnya sudah komplet.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Jualan Es Teh agar Cepat Balik Modal", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/08/08/150800375/4-cara-jualan-es-teh-agar-cepat-balik-modal?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm