Ilustrasi keluak atau kluwek, bahan bumbu dasar hitam.
Ilustrasi keluak atau kluwek, bahan bumbu dasar hitam. ( DOK. SAJAN SEDAP VIRNY APRILIYANTY)

Untuk Masak Rawon Dan Brongkos, Berikut Cara Membuat Bumbu Dasar Hitam

9 Agustus 2023 14:35 WIB

SonoraBangka.id -  Bumbu dasar hitam dapat digunakan untuk masakan yang mengandung keluak seperti rawon dan brongkos. Keluak itulah yang memberikan warna hitam pada rawon dan brongkos. Bumbu dasar hitam terdiri dari keluak, bawang putih, bawang merah, kemiri sangrai, dan ketumbar sangrai. Semua bahan bumbu dasar hitam cukup dihaluskan menggunakan blender agar lebih praktis. Kamu dapat membuat 700 gram bumbu dasar hitam untuk stok mengikuti resep dari buku "40 Resep Nusantara Praktis dari 5 Bumbu Dasar" karya Kamikoki terbitan Gramedia Pustaka Utama berikut.

Resep bumbu dasar hitam

Bahan bumbu dasar hitam

500 gram bawang merah

200 gram bawang putih

100 gram kemiri sangrai

3 sdm ketumbar sangrai

500 gram keluak 

Cara membuat bumbu dasar hitam

1. Campur semua bahan lalu haluskan hingga halus dan tercampur rata.

2. Bumbu dasar ini bisa langsung digunakan atau disimpan.

3. Bila disimpan sebaiknya ditumis hingga harum agar bumbu dasar sudah siap ketika akan digunakan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Bumbu Dasar Hitam untuk Masak Rawon dan Brongkos", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/08/09/081030075/resep-bumbu-dasar-hitam-untuk-masak-rawon-dan-brongkos.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.