Pengiriman sepeda motor hasil curian digagalkan polisi. Rencananya, motor hasil curian itu bakal dibawa dari Jakarta ke Lampung. (KOMPAS.COM/ZINTAN PRIHATINI)
Pengiriman sepeda motor hasil curian digagalkan polisi. Rencananya, motor hasil curian itu bakal dibawa dari Jakarta ke Lampung. (KOMPAS.COM/ZINTAN PRIHATINI) ( KOMPAS.COM)

Kata Mekanik Honda Mengenai BeAT Jadi Incaran Maling

9 Agustus 2023 21:33 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Honda BeAT diakui oleh maling menjadi motor yang mudah dicuri. Padahal, skutik paling laris Honda tersebut sudah dilengkapi dengan pengaman magnetis, sehingga sulit dibobol.

Seiring berjalannya waktu, teknologi pengaman tersebut tampaknya sudah ketinggalan zaman. Maling bahkan bisa dibilang memiliki alat sendiri khusus untuk membuka pengaman magnetis tadi.

Aries Mandala, Kepala Bengkel AHASS Pelangi Prima Mandiri di Bogor mengatakan, semua motor yang masih pakai anak kunci sebenarnya persoalan mudah buat maling bobol.

"Udah khatam malingnya, apalagi Honda. Mau magnet seperti apa juga karena dia (magnet) dipasang di semua penjuru, jadi mudah dibuka," ucap Aries kepada Kompas.com, belum lama ini.

Selain itu, pendapatnya soal Honda BeAT jadi incaran maling karena motornya yang mudah dijual di penadah. Makanya BeAT, Scoopy, bahkan Vario jadi barang yang dicari oleh maling.

"Kalau Honda mungkin karena laris di penadah. Coba kalau merek lain, belum tentu, mau cari ke mana," kata Aries.

Lalu, saat ini juga motor bekas maling tadi kerap diecer, barang-barangnya dijadikan spare part yang laku di beberapa daerah. Misal di daerah pinggiran, banyak yang cari suku cadang tapi kalau ke diler harus inden.

Makanya, motor yang laku di pasaran juga banyak dicari suku cadangnya. Lebih baik memang cari cara agar motor bisa terlindung dari aksi maling. Honda pun memberikan langkah pencegahan, dengan menyertakan gembok, gratis untuk pembelian Honda BeAT.

"Berlaku di semua diler, gembok gratis untuk pembelian BeAT Series," kata Aries.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kata Mekanik Honda Soal BeAT Jadi Incaran Maling", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/08/09/150100315/kata-mekanik-honda-soal-beat-jadi-incaran-maling.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm