Ilustrasi bahan makanan untuk vegan.(iStockphoto/Aamulya)
Ilustrasi bahan makanan untuk vegan.(iStockphoto/Aamulya) ( KOMPAS.COM)

Sering Dianggap Sama, Ini Perbedaan Antara Vegan dan Vegetarian

10 Agustus 2023 21:38 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Seorang vegan dan vegetarian cenderung menolak untuk mengonsumsi makanan yang berasal dari hewan.

Walau cara hidup veganisme maupun vegetarianisme sekilas sama-sama menolak untuk mengonsumsi daging, namun ada perbedaan di antara keduanya.

Terutama karena ada beberapa variasi vegetarianisme. Tapi, sebagian orang masih menggunakan kedua istilah tersebut secara tumpang tindih.

Lantas, apa perbedaan antara vegan dan vegetarian?

Pola hidup vegetarianisme

Dilansir dari laman Medical News Today, vegetarian adalah orang yang tidak memakan olahan atau produk sampingan dari hewan yang disembelih.

Vegetarian tidak mengkonsumsi daging, unggas, ikan dan kerang, serangga, rennet, gelatin, dan jenis protein hewani lainnya.

Namun, beberapa vegetarian masih mengkonsumsi produk sampingan yang tidak melibatkan penyembelihan hewan, seperti telur, produk olahan susu, dan madu.

Vegetarian biasanya mengonsumsi berbagai buah, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, serta "pengganti daging" yang berasal dari jenis makanan ini.

Ada beberapa variasi umum seseorang yang menjalani pola makan vegetarian, antara lain:

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm