Jadwal seleksi penerimaan CPNS 2023
Jadwal seleksi penerimaan CPNS 2023 ( Kemenko Marves)

Cegah Kebocoran Soal Seleksi CPNS dan PPPK 2023, Pemerintah Gandeng BSSN

11 Agustus 2023 17:31 WIB

SonoraBangka.ID - Pemerintah melibatkan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk mencegah bocornya soal untuk seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) 2023.

Keseluruhan proses penyusunan soal, mulai dari penyusunan kisi-kisi hingga telaah bahasa telah menggunakan sistem pengamanan teknologi yang ketat. Selain itu, soal juga diawasi oleh Kemenpan-RB, BKN, BRIN, serta BPKP.

"Hal ini sangat penting kami lakukan untuk meminimalisir terjadinya kesalahan dan kebocoran soal," kata Asisten Deputi Perancangan Jabatan, Perencanaan, dan Pengadaan SDM Kemenpan-RB Aba Subagja melalui pernyataan tertulis, Jumat (11/8/2023).

Soal tersebut meliputi seleksi kompetensi manajerial, sosial kultural, dan wawancara bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) serta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

"Serah terima naskah soal ini sebagai rangkaian seleksi CASN pada tahun 2023, dimana pemerintah mengadakan seleksi tidak hanya PPPK saja namun juga CPNS. Dalam hal ini Panselnas telah menyiapkan tim terbaik dan tahapan yang ketat dalam penyusunan soal seleksi CASN 2023," kata Aba.

Penyusunan naskah soal tersebut melibatkan 173 penulis dari 35 perguruan tinggi dan lembaga. Penyusunan naskah soal seleksi tersebut juga melalui beberapa tahapan, salah satunya proses telaah bahasa oleh para ahli bahasa.

Telaah bahasa dilakukan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa untuk memastikan bahwa soal yang disusun sesuai dengan kaidah penulisan bahasa yang baik dan benar.

Sementara itu, Kepala Biro Sumber Daya Manusia Kemendikbudristek Ambar Musyarifah menjelaskan, penyusunan kisi-kisi soal dibuat dengan memperhatikan hasil evaluasi pelaksanaan seleksi CASN tahun sebelumnya.

"Proses ini melibatkan unsur dari Kementerian PAN dan RB, Badan Kepegawaian Negara (BKN), dan para pakar dari Perguruan Tinggi, yang didampingi oleh ahli konstruksi soal dari Pusat Asesmen Pendidikan Kemdikbudristek," kata Ambar.

Pendaftaran seleksi

Sebelumnya, Kepala Biro Data, Komunikasi, dan Informasi Publik (DAKIP) Kementerian PANRB, Mohammad Averrouce menargetkan, pembukaan seleksi CASN tahun ini dimulai pada awal September.

"Kalau persiapan instansi masing-masing sudah siap, malah bisa lebih cepat, awal September sudah bisa dibuka," ucap Kepala Biro Data, Komunikasi, dan Informasi Publik Kemenpan RB, Mohammad Averrouce, Kamis (10/8/2023).

Penetapan formasi telah diputuskan oleh Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) sebanyak 572.496 untuk PPPK dan 28.903 untuk CPNS. Pendaftaran CASN 2023 bisa diakses langsung lewat portal SSCASN.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cegah Kebocoran Soal Seleksi CPNS dan PPPK 2023, Pemerintah Gandeng BSSN", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/08/11/161100826/cegah-kebocoran-soal-seleksi-cpns-dan-pppk-2023-pemerintah-gandeng-bssn.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm