Ilustrasi kopi(5second)
Ilustrasi kopi(5second) ( KOMPAS.COM)

Minum Kopi Setiap Hari Dikaitkan dengan Umur Panjang, Apakah Benar?

13 Agustus 2023 17:30 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Beberapa studi telah membuktikan sederet manfaat dari minum kopi setiap hari yang dikaitkan dengan manfaat kesehatan bagi tubuh.

Diberitakan Kompas.com (24/7/2023), baik itu kopi bubuk, kopi instan, maupun kopi tanpa kafein telah dikaitkan dengan penurunan yang signifikan pada risiko penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung koroner, gagal jantung kongestif, dan stroke iskemik.

Hal tersebut lantaran kopi punya sifat anti inflamasi dan kaya akan antioksidan yang dapat mencegah atau menunda kerusakan sel.

Tapi, tahukah Anda bahwa penelitian terbaru menunjukkan minum kopi juga dapat meningkatkan umur?

Bagaimana kopi bisa memperpanjang umur?

Studi terbaru dalam Annals of Internal Medicine menganalisis kebiasaan konsumsi kopi lebih dari 170.000 orang di Inggris yang berusia 37-73 tahun dan mengikuti mereka selama rata-rata tujuh tahun, menurut USA Today.

Para peneliti menemukan, mereka yang minum antara 1,5-3,5 cangkir kopi per hari memiliki kemungkinan 16-21 persen lebih kecil untuk meninggal akibat semua penyebab kematian selama periode penelitian dibandingkan dengan peminum non kopi, termasuk kanker dan penyakit kardiovaskular.

Namun, itu bukanlah studi pertama yang melihat penurunan angka kematian akibat konsumsi kopi secara teratur setiap harinya.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada 2015 di jurnal Circulation meneliti lebih dari 200.000 partisipan selama 30 tahun.

Mereka yang minum 3-5 cangkir kopi sehari memiliki kemungkinan 15 persen lebih kecil untuk meninggal akibat semua penyebab kematian termasuk penyakit kardiovaskular, penyakit parkinson, dan bunuh diri.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm