Bawang putih cincang yang disimpan di freezer bakal awet hingga 6 bulan.
Bawang putih cincang yang disimpan di freezer bakal awet hingga 6 bulan. ( SHUTTERSTOCK/MNIMAGE)

Awet sampai 6 Bulan, Berikut Ini 2 Cara Menyimpan Bawang Putih Cincang

14 Agustus 2023 15:25 WIB

SonoraBangka.id - Menstok bawang putih cincang dapat mempermudah proses memasak. Kamu dapat menghemat waktu mengupas dan mencincang bawang putih. Bawang putih cincang sebaiknya disimpan dengan cara yang tepat agar tidak menguning dan tidak berjamur. Terdapat dua cara menyimpan bawang putih cincang agar awet selama tujuh hari sampai enam bulan mengutip All Recipes dan MasterClass berikut. 

1. Merendam bawang putih cincang dalam minyak goreng

Bawang putih cincang dalam kemasan stoples di swalayan biasanya direndam dalam minyak goreng. Cara tersebut juga dapat diterapkan untuk mengawetkan bawang putih cincang bikinan sendiri.  Minyak goreng melindungi bawang putih cincang dari udara, membantu mempertahankan rasa dan aroma bawang putih. Namun, Departemen Pertanian Amerika Serikat memperingatkan bahwa ada risiko botulisme yang terkait dengan menyimpan bawang putih dalam minyak pada suhu ruang maupun di kulkas dalam jangka waktu lama.

Botulisme adalah keracunan serius yang disebabkan oleh bakteri Clostridium botulinum. Bawang putih cincang dalam minyak yang dibeli di swalayan umumnya diberi bahan pengawet untuk mencegah perkembangan bakteri berbahaya. Apabila kamu menyimpan bawang putih cincang bikinan sendiri dalam rendaman minyak, perhatikan durasi simpannya. Bawang putih dalam minyak sebaiknya dibuat segar dan disimpan di kulkas pada suhu 4,4 derajat celsius atau lebih rendah selama tidak lebih dari tujuh hari. Selain disimpan di kulkas, bawang putih dalam minyak juga dapat disimpan di freezer agar awet selama sekitar tiga bulan.

Ikuti cara merendam bawang putih cincang di dalam minyak berikut:

  • Masukkan bawang putih cincang ke dalam wadah yang bersih dan kedap udara misalnya stoples bertutup rapat.
  • Tuang minyak sayur seperti minyak zaitun, minyak sawit, atau minyak kelapa. Pastikan bawang putih tertutup seluruhnya, sisakan sekitar 1,5 sentimeter di bagian atas stoples.
  • Tutup stoples dan beri label tanggal penyimpanan. Simpan di dalam kulkas sampai satu minggu atau bekukan dan gunakan dalam waktu sekitar tiga bulan.
  • Selalu gunakan sendok yang bersih dan kering untuk mengambil bawang putih dari stoples. Hal ini dapat mencegah kontaminasi dan pertumbuhan jamur. 

2. Membekukan bawang putih cincang di cetakan es batu

Membekukan bawang putih cincang dalam porsi kecil dapat pula kamu lakukan. Kupas dan cuci bawang putih kemudian masukkan ke dalam blender atau food processor, beri sedikit air jika diperlukan.

Haluskan sampai konsistensi yang kamu inginkan, sekadar cincang kasar atau sampai halus misalnya. Masukkan bawang putih cincang ke dalam cetakan es batu yang bersih dan kering, tutup rapat atau lapisi dengan plastik.

Simpan di dalam freezer dan gunakan dalam kurun waktu enam bulan. Kamu tinggal mengambil beberapa balok bawang putih cincang beku sesuai kebutuhan.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "2 Cara Simpan Bawang Putih Cincang agar Awet sampai 6 Bulan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/08/14/080200675/2-cara-simpan-bawang-putih-cincang-agar-awet-sampai-6-bulan?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm