Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok hadir saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Minggu (20/10/2019). Jokowi dan Maruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden masa jabatan 2019-2024.(KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO)
Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok hadir saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Minggu (20/10/2019). Jokowi dan Maruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden masa jabatan 2019-2024.(KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO) ( KOMPAS.COM)

Ahok Sebut Mobil Hybrid Ada demi Untuk Hindari PHK Massal

16 Agustus 2023 18:02 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Tbk Basuki Tjahaja Purnama atau biasa dikenal Ahok menyatakan bahwa perkembangan industri roda empat jangan sampai terpengaruh arus politik.

Sebab, pada dasarnya, pergerakan sektor tersebut sesuai pasar yang kemudian diikuti atau didukung oleh perkembangan teknologi. Dengan begitu, Indonesia tak tertinggal dari negara lain.

Demikian dikatakan Ahok dengan mengutip salah satu pernyataan Organisasi Industri Kendaraan Bermotor Internasional (OICA) di acara Gaikindo International Automotive Conference yang digelar di ICE BSD, Tangerang, Selasa (15/8/2023).

"Saya suka kutipan dari OICA, yang menyebut jangan biarkan politik yang menentukan masa depan mobil (industri). Ini yang bicara mesti pasar, tren dunia mau ke mana dan kita dari Pertamina harus mendukung infrastruktur," katanya.

Dalam konteks ini, lebih lanjut, Ahok menyebut bahwa kendaraan bermotor yang bisa mengurangi emisi jangan cuma dilihat pada teknologi elektrik berbasis baterai (battery electric vehicle/BEV).

Tapi, ada teknologi-teknologi lain yang memiliki tujuan serupa seperti hybrid hingga hidrogen. Apalagi, secara kekuatan industri, juga memiliki potensi yang tidak kalah besar.

"Saya lihat beberapa otomotif sudah ambil jalan tengah, ada hybrid dulu (sebelum ke BEV). Karena apa? Kita tidak mau kehilangan tenaga kerja. Bayangkan saja dari satu kendaraan saja, ada berapa komponen," kata Ahok.

"Bangsa kita ini belum siap jadi pengusaha semua, masih banyak yang jadi pegawai," tambah dia.

"Sekali lagi, ini (perkembangan kendaraan ramah lingkungan) tergantung pasar. Bukan barang uncertainty. Yang terpenting adalah new energy vehicle, bukan terbatas electric vehicle. Anda pakai angin, uap, juga boleh yang penting pasarnya mau beli tidak? ," kata Ahok lagi.

Berdasarkan data Kementerian Perindustrian (Kemenperin), penyerapan tenaga kerja di sektor otomotif secara langsung maupun tidak langsung sekitar 1,5 juta tenaga kerja.

Saat ini, industri otomotif nasional digawangi oleh sejumlah 21 perusahaan dengan kapasitas produksi mencapai 2,35 juta unit per tahun.

Dengan rantai nilai yang terbentang luas, industri otomotif nasional memiliki nilai power linkage sebesar Rp 35 triliun dan backward linkage sebesar Rp 43 triliun pada tahun 2021.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ahok Sebut Mobil Hybrid Ada demi Hindari PHK Massal", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/08/16/072200915/ahok-sebut-mobil-hybrid-ada-demi-hindari-phk-massal.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm