Layanan uji emisi bagi kendaraan plat merah di Kantor Walikota Jakarta Pusat, Rabu (15/2/2023).(KOMPAS.com/XENA OLIVIA)
Layanan uji emisi bagi kendaraan plat merah di Kantor Walikota Jakarta Pusat, Rabu (15/2/2023).(KOMPAS.com/XENA OLIVIA) ( KOMPAS.COM)

Polusi Udara Memburuk, Pemerintah Ketatkan Untuk Uji Emisi Kendaraan

16 Agustus 2023 18:12 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI (LHK) Siti Nurbaya Bakar mengungkapkan, bahwa penyebab utama polusi udara di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabotabek) ialah kendaraan bermotor.

Hal tersebut dikarenakan populasi kendaraan di wilayah dimaksud sudah mencapai 43 jutaan. Sehingga diperlukan sejumlah solusi untuk mengatasinya.

"Penyebab utama pencemaran kualitas udara ialah kendaraan. Karena dalam catatan kita per-2022 itu ada 24,5 juta kendaraan bermotor dan 19,2 juta lebih sepeda motor," kata dia di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (14/8/2023).

Atas kondisi ini, ia menyampaikan kalau Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan untuk lebih mengajak masyarakat melakukan uji emisi terhadap kendaraan masing-masing.

Sebab saat ini kesadaran uji emisi kendaraan di Jakarta baru berkisar antara 3 sampai 10 persen saja.

"Ini datanya Jakarta Pusat hanya 3,86 persen, Jakarta Utara 10,69 persen. Jadi uji emisi ini merupakan cara yang memaksa pemilik kendaraan untuk melakukan inspeksi dan perawatan terhadap kendaraannya sendiri," kata Siti.

"Jadi uji emisi ini merupakan langkah yang sangat cepat dan perlu dilakukan dan hasilnya akan segera dirasakan," kata dia.

Sejalan dengan hal itu, kata Siti, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono juga sudah menyatakan akan melakukan razia kepatuhan uji emisi kendaraan di Jakarta.

Razia itu akan dimulai dari DKI Jakarta beserta Depok, Bogor, Tangerang, dan Bekasi. Kalau pemberlakuan di Jabodetabek sukses, razia uji emisi akan dilakukan di daerah lain.

"Disebutkan juga tadi bila Bapak Presiden meminta untuk dicek dari industri juga karena beliau percaya bahwa Jabodetabek kan wilayah industri," kata Siti.

Siti melanjutkan, Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto akan menindaklanjuti hal tersebut dengan mengadakan aturan untuk industri, salah satunya pengetatan aturan untuk cerobong pabrik.

Nantinya standar aturan cerobong asap akan diberlakukan untuk wilayah Jabodetabek.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Polusi Udara Memburuk, Pemerintah Ketatkan Uji Emisi Kendaraan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/08/16/130230115/polusi-udara-memburuk-pemerintah-ketatkan-uji-emisi-kendaraan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm