Ilustrasi kopi dan teh(Freepik.com)
Ilustrasi kopi dan teh(Freepik.com) ( KOMPAS.COM)

Berapa Batas Aman Untuk Minum Kopi dan Teh dalam Satu Hari?

16 Agustus 2023 20:31 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Kafein adalah salah satu stimulan yang kandungannya banyak dijumpai di dalam minuman teh atau pun kopi.

Diketahui, kafein dapat meningkatkan suasana hati, metabolisme, kinerja mental dan fisik, serta mengurangi risiko penyakit serius seperti demensia, alzheimer, penyakit jantung, dan kanker.

Untuk alasan itu, beberapa orang bahkan selalu mengikutsertakan teh atau pun kopi untuk menemani kegiatan mereka, mulai dari bangun tidur, kerja, hingga santai di sore hari.

Walaupun teh dan kopi mengandung segudang manfaat kesehatan, tapi seperti yang diketahui bahwa apa pun yang dikonsumsi secara berlebihan pasti tidak akan menghasilkan dampak yang baik.

Lantas, berapa jumlah aman minum teh dan kopi setiap harinya?

Batas minum teh dan kopi setiap hari

Dilansir dari firstpost, Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO) mengeluarkan panduan dan rekomendasi agar seseorang tidak mengonsumsi lebih dari 200 mg kafein per harinya.

Menurut FAO, lebih dari 200 mg kafein dalam sehari dapat menyebabkan kegelisahan dan kecemasan, terutama pada mereka yang bukan konsumen reguler.

Di sisi lain, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) menetapkan batas konsumsi sebanyak 400 mg kafein per hari.

Disebutkan jika mengkonsumsi kafein di atas batas itu, efeknya dapat merugikan tubuh karena minuman berkafein merangsang sistem saraf pusat secara langsung sehingga meningkatkan tekanan darah dan ketergantungan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm