Buah salak merupakan buah tropis unik yang mengandung sejumlah nutrisi yang memberikan manfaat untuk kesehatan, seperti meningkatkan energi, mengelola berat badan, dan menjaga kesehatan mata. (Shutterstock)
Buah salak merupakan buah tropis unik yang mengandung sejumlah nutrisi yang memberikan manfaat untuk kesehatan, seperti meningkatkan energi, mengelola berat badan, dan menjaga kesehatan mata. (Shutterstock) ( KOMPAS.COM)

Efek Samping dari Salak, Sehatkan Jantung tapi Bisa Picu Masalah Pencernaan

16 Agustus 2023 21:24 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Salak adalah buah dengan segudang manfaat yang banyak ditemui di kawasan Asia Tenggara, terutama Indonesia.

Buah dengan nama ilmiah Salacca zalacca ini kaya akan serat yang membantu tubuh lebih cepat kenyang, sehingga mencegah makan berlebihan.

Dilansir dari WebMD, salak mengandung protein, zat besi, kalium, kalsium, beta karoten, karbohidrat, fosfor, vitamin A, vitamin C, dan berbagai antioksidan.

Kandungan beta karoten, pektin, dan kalium pada salak dapat meningkatkan aliran darah ke otak, yang berimbas pada peningkatan daya ingat.

Beta karoten juga membantu memberikan perlindungan terhadap mata, termasuk mengurangi risiko katarak.

Tapi, konsumsi salak dalam jumlah berlebihan dapat memicu sejumlah efek samping tidak diinginkan. Lantas, apa saja efek samping salak?

Efek samping salak

Mengonsumsi salak terlalu banyak disebut dapat memicu sembelit atau kesulitan buang air besar. Kendati demikian, efek samping salak ini belum sepenuhnya terbukti secara ilmiah.

Bahkan, sebaliknya, salak banyak mengandung serat yang membantu melancarkan sistem pencernaan.

Kandungan serat pada buah ini juga membantu mengurangi beberapa masalah pencernaan, seperti kram, kembung, dan sembelit.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm