Kementerian Pertahanan menyebut pengerjaan kebun singkong terhenti sementara karena ketiadaan anggaran.(dokumen BBC Indonesia)
Kementerian Pertahanan menyebut pengerjaan kebun singkong terhenti sementara karena ketiadaan anggaran.(dokumen BBC Indonesia) ( KOMPAS.COM)

Apa Itu Food Estate? Program Gagasan Jokowi yang Diakuinya Gagal Di Sejumlah Daerah

19 Agustus 2023 21:49 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Program gagasan Presiden Joko Widodo (Jokowi), food estate mendapat kritik dari Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto.

Hasto mengatakan, food estate merupakan suatu kejahatan terhadap lingkungan.

Menanggapi kritik tersebut, Jokowi menyatakan membangun food estate bukan hal yang mudah.

Menurutnya, butuh percobaan menanam sebanyak enam hingga tujuh kali untuk membangun food estate.

"Jadi tidak semudah yang kita bayangkan. Kita bangun di Humbang Hasundutan, tiga kali itu baru bisa. Agak lebih baik. Belum baik. Agak lebih baik," katanya, dilansir dari Kompas.com, Jumat (18/8/2023).

Jokowi menyebutkan bahwa food estate di Pulang Pisau, Kalimatan Tengah belum pada kondisi yang normal dan masih membutuhkan perawatan ulang. Begitu juga yang di Gunung Mas.

Menurutnya, semua hal, termasuk food estate yang merupakan kerjasama beberapa kementerian akan dievalusi dan diperbaiki. 

Bila gagal di percobaan pertama, maka harus dicoba lagi.

"Kalau kita enggak berani, baru gagal pertama sudah mundur, sampai kapan pun lupakan," tandasnya.

Lantas, apa itu food estate?

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm