Tangkapan layar video rangka motor Honda beat patah.(Instagram)
Tangkapan layar video rangka motor Honda beat patah.(Instagram) ( KOMPAS.COM)

Tips Untuk Cegah Rangka Motor Berkarat dan Patah, Jangan Bawa Beban di Dek

22 Agustus 2023 17:39 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kasus rangka skutik Honda yang patah dan keropos ramai dibicarakan di media sosial. Kebanyakan terjadi patah dan keropos di bagian dek, sehingga motor bengkok dan tidak bisa dikendarai.

Memang rangka itu tersembunyi di balik bodi, makanya bagian tersebut kadang sulit untuk dicek kondisinya. Namun ada beberapa tips yang bisa mencegah keropos atau bengkok itu terjadi dalam waktu yang dekat.

Aries Mandala, Kepala Bengkel AHASS Pelangi Prima Mandiri di Bogor, mengatakan, untuk mencegah karat dan cepat keropos, bisa dengan sering melakukan cuci motor.

"Paling kembali ke pemilik untuk bersih, enggak malas cuci motor. Apalagi kalau daerahnya sering jalanan becek, berlumpur, sering dicuci," kata Aries kepada Kompas.com, Senin (21/8/2023).

Selain cuci motor, hal yang perlu diperhatikan adalah bobot jangan sampai berlebihan. Mengingat rangka dibuat juga ada batas kekuatan dan tidak semua bagiannya kuat menahan beban.

"Untuk muatan berlebih, boncengan berlebih pasti motor apapun patah (rangkanya). Apalagi sering taruh barang di tengah (dek) terlalu berat, motor apapun itu pasti bengkok," kata Aries.

Jadi soal rangka, memang jadi bagian yang tidak terlihat tapi juga sebaiknya tidak luput dari perawatan. Mulai dari cuci, cara menaruh barang, sampai cara berkendara bisa mempengaruhi usia rangka, apakah awet atau tidak.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tips Cegah Rangka Motor Berkarat dan Patah, Jangan Bawa Beban di Dek", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/08/22/110200015/tips-cegah-rangka-motor-berkarat-dan-patah-jangan-bawa-beban-di-dek.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm