ATUR LALU LINTAS—Aparat Satlantas Polres Ponorogo mengatur arus lalu lintas kendaraan yang melewati ruas jalan yang tergenang jalur Ponorogo-Wonogiri di Desa Gandukepuh, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Rabu (15/2/2023).(KOMPAS.com/MUHLIS AL ALAWI)
ATUR LALU LINTAS—Aparat Satlantas Polres Ponorogo mengatur arus lalu lintas kendaraan yang melewati ruas jalan yang tergenang jalur Ponorogo-Wonogiri di Desa Gandukepuh, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Rabu (15/2/2023).(KOMPAS.com/MUHLIS AL ALAWI) ( KOMPAS.COM)

Ini Untuk Bagian Motor yang Rawan Karatan

22 Agustus 2023 21:28 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Sepeda motor telah menjadi salah satu alat transportasi yang populer di banyak daerah. Tak hanya di kota besar, namun juga pedesaan.

Mengingat penggunaannya, maka perawatan secara rutin menjadi langkah penting untuk dilakukan supaya motor tetap prima saat digunakan.

Terlebih untuk mencegah kerusakan yang tak terduga, seperti karat atau rangka patah yang terlihat pada video viral di dunia maya beberapa waktu lalu.

Menanggapi kejadian tersebut, Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM) Octavianus Dwi Putro mengatakan, kejadian rangka patah dan berkarat bisa disebabkan banyak hal.

"Tergantung case-nya, kita banyak sekali menangani. Kalau case-nya kesalahan pabrikan, ya kita akan ganti," ungkap Octa di Tangerang, Jumat (11/8/2023).

Octa menjelaskan, ada beberapa kejadian rangka patah yang perlu diinvestigasi. Tapi balik lagi, semua tergantung dari kasus, ada yang karena pemakaian, kena air laut dan sebagainya.

Selain itu, Kepala Bengkel AHASS 1112 Karya Mulia Wonogiri Iwan mengatakan komponen motor yang berkarat akibat tidak dirawat terletak di bagian bawah.

"Ya kebanyakan di bagian bawah, yang sering terkena genangan air," ungkap Iwan kepada Kompas.com, Selasa (22/8/2023).

Sebagai informasi, pada bagian ini terdapat rangka bagian bawah, sistem pengereman, knalpot, rantai, dan lainnya.

Iwan menambahkan, karat dan keropos pada motor biasanya terjadi di daerah dekat laut yang terkena air garam.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm