Ilustrasi telur orak-arik.
Ilustrasi telur orak-arik. ( Dok. Shutterstock/Nata Bene)

Protein untuk Sarapan, Berikut 5 Cara Membuat Telur Orak Arik

23 Agustus 2023 15:00 WIB

SonoraBangka.id - Telur orak-arik jadi pilihan praktis untuk sarapan, khususnya untuk orang yang sedang ingin mencukup protein harian atau diet tinggi protein.  Telur orak-arik buatan restoran biasanya punya ciri khas tertentu yaitu tekstur mengembang, lembut, dan agak berair.  Cara membuat telur orak-arik seperti ini butuh teknik khusus dan ada beberapa hal yang harus dihindari agar telur tidak terlalu kering.  Simak tips membuat telur orak-arik enak dikutip dari Marthastewart.com. 

1. Jangan pecahkan telur langsung ke wajan 

Pecahkan telur langsung ke wajan memang terbilang praktis, tetapi cara ini membuat telur orak-arik jadi kering karena distribusi panas yang tidak merata.  Pastikan untuk mengocok telur di mangkuk, agar putih dan kuning telur tercampur rata begitu pula dengan bumbu lainnya. 

2. Masukkan cairan tambahan

Kamu bisa menambahkan susu, cream, atau air untuk menambah kelembaban pada telur saat dimasak.  Takarannya, satu butir telur hanya perlu tambahans atu sendok makan cairan tambahan. Jika sudah, aduk rata dengan telur. 

3. Tambahkan mentega 

Panaskan wajan lalu tambahkan mentega dan biarkan cair. Mentega membuat rasa telur lebih nikmat dan aromanya harum.  Pastikan agar mentega benar-benar cair sebelum memasukkan telur ke wajan. 

4. Gunakan alat masak yang tepat

Gunakan alat masak antilengket dan spatula silikon, agar bisa menghasilkan telur orak-arik dengan tekstur yang halus.  Aduk terus telur dengan lembut setelah dituang ke wajan panas. Jangan lupa atur api kompor supaya tidak terlalu besar. 

5. Jangan diamkan telur orak-arik terlalu lama Beda dengan telur dadar atau telur mata sapi, telur orak-arik sebaiknya langsung disantap setelah matang.  Sebab, udara membuat tekstur telur orak-arik berubah jadi kering dan kempis.  Apalagi saat kamu mencampur telur orak-arik dengan bahan lain, seperti sayuran atau keju yang dapat membuat teksturnya rentan berubah. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Cara Membuat Telur Orak-arik Seenak Restoran, Protein untuk Sarapan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/08/23/072800275/5-cara-membuat-telur-orak-arik-seenak-restoran-protein-untuk-sarapan?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm