ilustrasi buah dan sayur.
ilustrasi buah dan sayur. ( SHUTTERSTOCK/monticello)

Berikut Ini Cara Manfaatkan Sisa Kulit Buah dan Sayur di Dapur

24 Agustus 2023 07:27 WIB

SonoraBangka.id - Sampah dapur seperti sisa kulit, batang sayuran dan buah jangan dibuang terlebih dahulu, kamu bisa memanfaatkannya. Sisa makanan dari sayur dan buah dapat dibuat kaldu sayuran, pengharum ruangan alami, atau ditumbuhkan kembali menjadi sayuran yang baru. Simak cara manfaatkan sisa kulit buah dan sayur di dapur, dikutip dari Healthline dan Cnet.com, berikut selengkapnya. 

1. Acar kulit semangka

Jika mempunyai sisa kulit semangka, jangan dibuang terlebih dahulu. Kamu bisa membuat acar segar dari kulit semangka. Rebus kulit semangka yang sudah dibersihkan dengan campuran cuka, air, gula, dan garam, rebus hingga lunak dan simpan di lemari pendingin. Kamu bisa menambahkan bumbu lain seperti campuran merica, jahe, kayu manis, dan cengkih.

2. Tumis batang sayuran

Sayuran hijau seperti kangkung dan sawi memiliki batang berserat yang sulit dimakan. Namun, daripada dibuang kamu bisa menumisnya dengan bumbu nikmat. Potong-potong kecil batang sayuran kemudian tumis dengan bumbu dan minyak zaitun.

3. Tumbuhkan kembali dalam air

Banyak jenis sayuran yang dapat ditanam kembali dengan memasukkan batang ke dalam air, sehingga membantu dan menghemat uang untuk berbelanja dan mengurangi lmbah. Sayuran yang dapat ditanam kembali ada, daun bawang, seledri, dan bawang prei. Caranya cukup potong batang bagian bawah lalu masukkan ke dalam air dangkal sampai menutupi akar, tunggu sampai tumbuh besar.

4. Membuat kaldu sayuran

Salah satu cara terbaik adalah menggunakan sisa sayuran menjadi kaldu untuk masak sop, spaghetti, atau semur. Siapkan sisa sayuran seperti kulit bawang bombai, wortel, dan batang sayuran ke dalam panci besar, tutupi dengan air, tambahkan bumbu bawang putih dan merica. Didihkan. Diamkan 20 sampai 30 menit kemudian saring dan simpan kaldu sayuran ke wadah kedap udara dan bekukan.

5. Membuat pengharum ruangan alami

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm