Udders Ice Cream varian Kyoto Matcha, Earl Grey, dan Awesome Chocolate.
Udders Ice Cream varian Kyoto Matcha, Earl Grey, dan Awesome Chocolate. ( KOMPAS.com/Miftahul Rizky)

Berapa Lama Es Krim Bertahan di Freezer Setelah Dibeli Dari Toko?

24 Agustus 2023 08:00 WIB

SonoraBangka.id -  Es krim harus disimpan dalam suhu beku. Normalnya, es krim disimpan di suhu minus 20 hingga minus 30 derajat celsius. Makanan beku identik dengan waktu penyimpanan yang panjang. Sebab, bakteri akan mati atau tidak aktif pada suhu rendah. Namun demikian, es krim memiliki batas waktu penyimpanan di freezer setelah dibeli dari toko.

Menurut Jenny, perwakilan Udders Ice Cream Indonesia, es krim susu sapi yang dibuatnya bisa disimpan lama, tetapi kualitasnya mungkin berbeda. "Kulkas customer dan kami di toko beda. Jadi, mungkin kualitas es krimnya bisa berubah," kata Jenny saat ditemui Kompas.com di Udders Ice Cream Indonesia PIK, Jumat (18/8/2023).

Suhu freezer toko es krim bisa mencapai minus 30 derajat celsius. Suhu ini sangat rendah dan jarang ditemukan di freezer rumahan. Tekstur es krim akan berubah menjadi icey atau tidak selembut di awal saat beli dari toko. Apalagi, bila es krim yang sudah dibeli sempat dicairkan di suhu ruang dan dimasukkan kembali ke freezer.

Dikutip dari All Recipes, es krim umumnya tahan disimpan hingga dua bulan selama masih belum dibuka. Bila kemasan es krim sudah dibuka, makanan beku ini hanya tahan selama beberapa minggu dengan kualitas yang sama.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Berapa Lama Es Krim Bertahan di Freezer Setelah Dibeli?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/08/21/120200275/berapa-lama-es-krim-bertahan-di-freezer-setelah-dibeli-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm