Ilustrasi gula
Ilustrasi gula ( Shuterstock)

India Akan Setop Ekspor, Harga Gula Dunia Berpotensi Melonjak

24 Agustus 2023 18:09 WIB

SonoraBangka.ID - India diperkirakan akan melarang ekspor gula mulai Oktober 2023. Hal ini menjadi yang pertama kali dilakukan selama 7 tahun terakhir. Curah hujan ditengarai menjadi salah satu faktor yang membuat hasil panen tebu berkurang.

Absennya India dari pasar dunia kemungkinan besar akan meningkatkan harga-harga acuan di New York dan London. Padahal, harga gula saat ini sudah ada pada kisaran tertinggi dalam beberapa waktu terakhir.

Salah satu sumber pemerintah India menyebut, hal ini tentu saja memicu kekhawatiran akan inflasi lebih lanjut di pasar pangan global.

"Fokus utama kamu adalah memenuhi kebutuhan gula lokal dan memproduksi etanol dari kelebihan tebu," kata dia dikutip dari CNBC, Kamis (24/8/2023).

Ia mengatakan, pada musim panen mendatang, India disebut tidak memiliki cukup gula untuk kuota ekspor.

Sebagai gambaran, India hanya mengizinkan pabrik gula mengekspor 6,1 juta ton pada musim berjalan sampai akhir September 2023. Musim lalu, India mengekspor sekitar 11,1 juta ton gula.

Pada 2016, India sempat mengenakan pajak 20 persen pada ekspor gula untuk membatasi penjualan luar negeri.

Harga gula di India melonjak dan menjadi yang tertinggi dalam dua tahun belakangan.

Tingginya inflasi pangan di India menciptakan kekhawatiran. Kenaikan harga gula juga disebut menutup peluang India untuk ekspor.

Sebagai informasi, inflasi ritel India melonjak ke level tertinggi dalam 15 bulan terakhir, yakni 7,44 persen pada Juli.

Pada periode yang sama inflasi makanan tumbuh menjadi 11,5 persen, tertinggi dalam tiga tahun terakhir.

"Kami telah mengizinkan pabrik untuk ekspor gula dalam jumlah besar dua tahun terakhir. Namun, kami juga harus memastikan pasokan yang cukup dan harga yang stabil," tandas sumber pemerintah tersebut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "India Akan Setop Ekspor, Harga Gula Dunia Berpotensi Melonjak", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/08/24/173500526/india-akan-setop-ekspor-harga-gula-dunia-berpotensi-melonjak.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm